Kamis, 02 April 2020 21:52

Supporter Persebaya dan Arema Bentrok di Kota Blitar: 2 Orang Luka-luka, 4 Motor Terbakar

Selasa, 18 Februari 2020 19:30 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Supporter Persebaya dan Arema Bentrok di Kota Blitar: 2 Orang Luka-luka, 4 Motor Terbakar
Salah satu titik bentrokan di pertigaan antara Jalan Kalibrantas dan Jalan Kapuas. Tampak sejumlah motor hangus diduga dibakar oknum supporter.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan pecah saat laga pertandingan semifinal Piala Gubernur 2020 antara Persebaya Surabaya melawan Arema FC di Stadion Soepriadi Kota Blitar Selasa (18/2/2020). Sejumlah kendaraan diduga dibakar massa supporter. Kerusuhan terjadi di pertigaan antara Jalan Kalibrantas dan Jalan Kapuas.

Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela mengaku sebelumnya sudah memprediksi pendukung dari Persebaya maupun Arema FC akan datang ke Kota Blitar dengan jumlah yang tidak sedikit. Meski pertandingan di Stadion Soepriadi digelar tanpa penonton.

"Pendukung dari luar kota semua datang ke Kota Blitar baik dari Arema dan Persebaya. Keduanya secara historis memang punya hubungan kurang baik. Mereka sempat ketemu di pertigaan Jalan Kalibrantas dan Jalan Kapuas, dan terjadi bentrok," terang AKBP Leonard M Sinambela.

Akibat bentrok kedua kubu ini, dua orang mengalami luka. Satu luka bocor di kepala bagian belakang, dan satu lagi mengalami patah tulang. Selain korban luka, empat motor juga dilaporkan terbakar.

"Untuk kendaraan yang rusak ada empat, semua sepeda motor," imbuhnya.

AKBP Leonard M Sinambela mengklaim semua kekisruhan berhasil diredam oleh petugas gabungan yang ada di lapangan. Massa suporter baik dari kubu Persebaya maupun Arema FC berhasil dipukul mundur.

"Mereka kalau bertemu pasti bentrok. Namun kita bisa tanggulangi. Selanjutnya kita atur pemulangan mereka baik dari Persebaya atau Arema FC. Yang dari Arema tadi kan di PIPP kita kawal pulang ke Malang. Sementara Bonek juga kita kawal. Karena ternyata mereka ini tidak semua dari Surabaya atau Malang, ada pula yang dari Kabupaten Blitar dan sebagian dari Tulungagung. Kemudian ada 300 orang yang tadi berangkat naik kereta kita antar kembali naik truk," jelasnya.

Pertandingan semifinal Piala Gubernur 2020 mempertemukan Persebaya dan Arema FC. Derbi Jatim ini dimenangkan Persebaya dengan skor 4-2. Semula pertandingan digelar di Stadion Kanjuruhan Malang. Namun akhirnya digeser ke Stadion Soepriadi Kota Blitar.

Pemindahan venue pertandingan ke Kota Blitar ini karena pertimbangan keamanan dan kondusivitas wilayah, sesuai keputusan Polda Jatim. Selain pemindahan, untuk memastikan keamanan, jalannya pertandingan juga digelar tanpa penonton.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...