Bupati Sambari Janji Tahun ini Normalisasi Kali Lamong Mulai Direalisasikan

Bupati Sambari Janji Tahun ini Normalisasi Kali Lamong Mulai Direalisasikan Bupati Sambari didampingi Wabup Qosim dan Ketua DPRD Yani saat rapat koordinasi Kali Lamong. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto memimpin rapat koordinasi normalisasi Kali Lamong, di ruang Graeta Eka Praja, Senin (17/2).

Rapat juga dihadiri Wabup Moh. Qosim, Ketua DPRD Fandi Akhmad Yani, dan tiga Wakil Ketua Asluchul Alif, Ahmad Nurhamim, Mujid Riduan, pimpinan Alat Kelengkapan DPRD, dan sejumlah Kepala OPD.

Dalam rapat tersebut, Bupati menjanjikan tahun 2020 normalisasi Kali Lamong sudah bias direalisasikan. Keputusan Bupati itu juga diamini oleh para pimpinan DPRD dan AKD DPRD yang hadir.

"Tahun ini harus ada titik tertentu yang harus dibangun. Jangan sampai dana itu kembali dalam bentuk sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa). Makanya, saya butuh kepastian kepada Pemerintah Pusat tentang normalisasi Kali Lamong tersebut. Berapa meter yang harus dilebarkan dan berapa meter yang harus didalamkan," katanya.

Ia juga berharap usai Kali Lamong dinormalisasi tidak ada air yang malah ngantong di wilayah Gresik. Karena itu, ia juga akan mengusulkan ketinggiannya kepada pemerintah pusat yang berwenang dalam pelaksanaan pembangunannya.

Pada kesempatan ini, Bupati mengungkapkan pihaknya sudah menyiapkan data sejak lama. Tapi belum ada data land acquisition and resettlement action plan (larap).

"Dinas PUTR sudah punya data konkret tentang Kali Lamong. Namun demikian masih butuh disempurnakan agar lebih valid, luasnya 149 hektare. Tim larap ini akan mendata kembali titik-titik mulai dari wilayah Kecamatan Balongpanggang sampai Kecamatan Kebomas. Gambaran harga diserahkan aprasial namun belum ada titik temu," ungkapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO