​Tunggangi Kuda di Pasir Berbisik, Khofifah Ajak Dialog Masyarakat Tengger

​Tunggangi Kuda di Pasir Berbisik, Khofifah Ajak Dialog Masyarakat Tengger Gubernur Khofifah menunggangi kuda di Pasir Berbisik Bromo, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sabtu (15/2). foto: ist.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak dialog para tokoh adat masyarakat Tengger, komunitas penyedia jip, komunitas penyedia kuda, hingga sahabat gunung (TNBTS) di kawasan Pasir Berbisik Bromo, Sabtu (15/2).

Dengan menunggangi kuda lantaran bertepatan dengan Wulan Kepitu, di mana kendaraan bermotor dilarang masuk kawasan wisata Bromo, Khofifah mengajak mereka berdialog guna menyerap aspirasi dalam rangka rencana pengembangan kawasan BTS sesuai dengan terbitnya Perpres No 80 Tahun 2019.

"Wulan Kepitu ini suasana yang harmoni sekali, sekaligus menjadi pengingat bersama, bahwa alam harus diberi ruang untuk recovery. Karena motor dan asap tidak boleh masuk ke area Pasir Berbisik Bromo, kita bisa menikmati kabut dan udara asli Bromo," kata Khofifah.

Sebagaimana tertuang dalam Perpres No 80 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan Jawa Timur, kawasan Bromo Tengger Semeru menjadi salah satu kawasan prioritas pembangunan wisata di Jawa Timur. Wisata BTS digadang untuk menjadi wisata Bali Baru di Indonesia.

Lebih lanjut, dikatakan Mantan Menteri Sosial ini, dialog dengan pemuka suku Tengger dan masyarakatnya ini sudah digelar sejak semalam. Khofifah bersama Pemprov lJatim ingin agar dalam rencana pembangunan kawasan BTS, masyarakat juga dilibatkan dalam memberikan rekomendasi strategis.

"Untuk mendapatkan apa yang terbaik bagi masyarakat Tengger, supaya budayanya terjaga, alamnya terlindungi, dan masyarakat adat menjadi pemilik seputaran Bromo, tentu kita harus mendengar bagaimana masyarakat wilayah Tengger melihat pembangunan BTS ke depan, rekomendasi mereka ini menjadi masukan yang sangat strategis," kata Khofifah.

Lihat juga video 'Hati-Hati, Ruas Jalan Menuju Gunung Bromo Longsor':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO