Selasa, 31 Maret 2020 22:36

​Samanhudi 'Pulang Kampung' ke Kota Blitar

Jumat, 14 Februari 2020 14:18 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Akina Nur Alana
​Samanhudi
M. Samanhudi Anwar menyalami warga.

KOTA BLITAR, HARIAN BANGSA - Mantan Wali Kota Blitar M. Samanhudi Anwar "pulang kampung" ke Kota Blitar. Mulai Jumat (14/2/2020) Samanhudi resmi menjadi warga binaan Lapas Kelas II B Blitar.

Setelah sebelumnya dia menjalani pembinaan di Lapas Kelas II A Sidoarjo. Samanhudi akan menjalani sisa masa pembinaan di Lapas Kelas II B Blitar selama 3 tahun 6 bulan 26 hari.

Bambang Setyawan Kepala Keamanan Lapas Kelas II B Blitar mengatakan, Samanhudi tiba di Lapas Kelas II B Blitar sekitar pukul 08.30 WIB. Pemindahan ini atas permohonan keluarga dan telah disetujui Kanwil Kemenkumham Jawa Timur.

Selain Samanhudi Anwar, Lapas Kelas II B Blitar juga menerima pemindahan Bambang Purnomo. Bambang Purnomo adalah kurir kasus suap yang melibatkan Samanhudi Anwar.

"Pemindahan atas permohonan keluarga. Persetujuan pemindahan sudah disetujui Kanwil Kemenkumham Jatim per 11 Februari lalu namun yang bersangkutan baru dikirim ke Blitar hari ini," ungkap Bambang Setyawan.

Bambang menambahkan, keduanya tetap akan melalui tahapan seperti warga binaan lain. Setelah pemberkasan selesai keduanya akan menjalani masa pengenalan lingkungan (Mapanaling) selama tiga hari. Setelah melewati Mapanaling, mereka akan ditempatkan satu kamar dengan warga binaan kasus Tipikor (Tindak pidana korupsi) dan warga binaan lansia.

"Keduanya melalui tahapan yang sama seperti warga binaan lainnya. Setelah Mapanaling, baru akan didistribusikan ke kamar jadi satu dengan warga binaan kasus tipikor lain dan warga binaan lansia. Perlakuannya sama dengan warga binaan lainnya," jelas Bambang.

Seperti diketahui, mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar terjaring OTT KPK pada Juni 2018 lalu, terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan gedung baru SMPN 3 Kota Blitar senilai Rp 23 miliar.

Oleh Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Surabaya, Samanhudi Anwar divonis hukuman pidana 5 tahun penjara dan denda Rp 500 juta, karena terbukti menerima suap Rp 1,5 miliar. Sementara Bambang Purnomo sebagai perantara antara Samanhudi Anwar dengan kontraktor Susilo Prabowo alias Embun divonis 4 tahun. (ina/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...