Rabu, 08 April 2020 02:40

Jelang Diresmikan, Wali Kota Batu Tinjau Pasar Sayur Tahap 2

Rabu, 12 Februari 2020 18:35 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Jelang Diresmikan, Wali Kota Batu Tinjau Pasar Sayur Tahap 2
Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko didampingi Wawali H. Punjul Santoso meninjau pasar sayur Kota Batu. Dalam waktu dekat, pasar ini akan diresmikan.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Menjelang diresmikannya bangunan Pasar Sayur Kota Batu tahap 2 tanggal 16 Februari 2020 mendatang, Wali Kota Batu Hj. Dra. Dewanti Rumpoko didampingi Wawali H. Punjul Santoso dan dinas terkait, meninjau proyek senilai Rp 5,04 miliar tersebut, Rabu (12/2).

"Kedatangan kami ke sini hanya ingin mengecek sejauh mana persiapan peresmian pasar sayur ini dalam waktu dekat. Alhamdulillah, ternyata tidak ada masalah. Pasar ini sudah siap diresmikan," ujar Wawali Punjul Santoso.

Seperti diketahui, pambangunan pasar sayur Kota Batu tahap 2 selesai dibangun pada 28 Januari 2020 lalu, dan sudah diserahkan oleh pihak kontraktor kepada Pemkot Batu. Pasar sayur ini bisa menampung hampir 300 pedagang sayur.

Dikatakan Punjul, selain mengecek kesiapan peresmian pasar, ia juga mengecek kesiapan instansi terkait soal rencana pembangunan Pasar Besar Kota Batu.

Menurutnya, tahun ini tengah disiapkan kajian yang komprehensif sehubungan dengan rencana pembangunan Pasar Besar Batu yang diperkirakan menelan biaya Rp 200 miliar lebih itu.

"Ya, saat ini masih dalam tahap kajian. Tapi yang pasti tahun 2021 pasar Besar Kota Batu sudah siap dibangun," ujar politikus PDI-P ini optimis.

Seperti diketahui, sebenarnya pembangunan Pasar Induk Kota Batu bisa dilaksanakan tahun ini. Namun, karena dinas terkait baru memasukkan Detail Engineering Design (DED) dan Managemen Konstruksi (MK) pembangunan tahun ini, sehingga pembangunan molor hingga tahun 2021.

"Ya, dinas terkait terlambat memasukkan DED dan MK pembangunan pasar induk tersebut. Sehingga kemungkinan besar alokasi anggaran untuk pembangunan pasar induk yang bersumber dari APBN 2020 tersebut tidak bisa terserap di 2020," ujar Nurochman, S.H., Wakil Ketua 1 Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Batu, Rabu (12/2).

Kendati demikian, ia tetap optimis di tahun anggaran 2021 mendatang, pembangunan Pasar Induk Kota Batu bisa terealisasi dengan anggaran APBN. "Namun kemungkinan biayanya lebih dari Rp 200 miliar. Tapi kita lihat dulu hasil DED dan MK di 2020 ini," ujar Nurochman yang sudah dua periode menjadi pimpinan DPRD Kota Batu ini.

Ia menyatakan, dewan merespons positif atas masuknya Kota Batu dalam penganggaran di APBN untuk pembangunan Pasar Induk Kota Batu. "Semoga pemerintah daerah mampu merespons cepat kebijakan pemerintah pusat tersebut. Karena bagaimanapun hal itu untuk kepentingan masyarakat," terangnya.

Nurochman menyarankan kepada kepala OPD terkait, yakni Disperindag, DPUPR, dan Dinas Perumahan untuk bersinergi menyamakan konsep dan pemikiran, supaya program unggulan Wali Kota Batu tersebut bisa terealisasi di periode ini, sehingga masyarakat akan merasakan impact atas janji kampanye kepala daerah waktu itu.

"Pasar adalah perwujudan kekuatan ekonomi rakyat. Ketika rakyat berdaya secara ekonomi, maka pemerintah akan mudah dan sukses dalam mengimplementasi program dan kegiatannya sesuai visi misi wali kota dan wakil wali kota," pungkasnya. (asa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...