Rabu, 08 April 2020 03:04

Diuji Kompetensi, Rotasi Pejabat di Kota Batu Segera Bergulir

Rabu, 12 Februari 2020 10:48 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Agus Salimullah
Diuji Kompetensi, Rotasi Pejabat di Kota Batu Segera Bergulir
Ir. H. Punjul Santoso, Wakil Wali Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Uji kompetensi yang diikuti 13 pejabat eselon 2 di lingkungan Pemkot Batu, Selasa (11/2) kemarin, dinilai Wakil Wali Kota Batu, Ir. H. Punjul Santoso, sebagai persiapan rotasi pejabat di lingkup Pemkot Batu.

Menurut Punjul Santoso, saat ini ada sebagian dinas dan asisten yang masih kosong. Dari hasil uji kompetensi itu, nantinya bisa diketahui penempatan pejabat bersangkutan sesuai dengan kapasitasnya.

"Dari hasil uji kompetensi itu akan ketahuan nilainya berapa. Seperti Pak Arief Assidiq tidak selamanya di Dinas Lingkungan Hidup, begitu juga Pak Chori tidak juga harus di Bappelitbangsa. Tergantung nilai masing-masing. Bahkan seperti Pak Sjarif Tartila yang sekarang Asisten, kalo nilainya bagus kan bisa juga digeser ke tempat lain," ujar Punjul Santoso kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (12/2).

Menurutnya, uji kompetensi itu sebagai upaya untuk mengetahui kapasitas pejabat itu nanti cocoknya ditempatkan di mana. Sebab, wali kota saat ini tidak punya wewenang menempatkan pejabat tanpa didahului uji kompetensi.

"Kalau dulu masih bisa. Sekarang harus mendapat izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara dulu di pusat," ujar Punjul Santoso.

Tiga belas pejabat eselon 2 dari 13 OPD yang ikut uji kompetensi di Hotel Orchid Selasa kemarin yakni M Chory, Wiwik Nuryati, Kartika Trisulandari, Arief As Sidiq.

Selain itu, Susetya Herawan, Sugeng Pramono, Abdillah Alkaf, Imam Suryono, Balok Yudoyono Patrika, Chairul Sjariftartila, Eddy Murtono, dan Bambang Kuncoro.

Punjul menjelaskan, dalam peraturan yang lama kewenangan pergeseran pejabat sepenuhnya dari bupati atau wali kota. Setelah ada rotasi pejabat, bupati dan wali kota melaporkan kepada KASN bahwa sudah ada pergeseran. Namun, sekarang dibalik, justru bupati dan wali kota yang harus minta izin dulu.

"Dari hasil uji kompetensi dan setelah ditandatangani oleh panitia seleksi, hasilnya dilaporkan ke KASN. Selanjutnya berdasarkan hasil nilai yang diperoleh tersebut boleh langsung untuk melakukan rotasi pejabat," terangnya. (asa/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...