Selasa, 07 April 2020 03:54

Cegah Stunting, Kecamatan Arosbaya Bagikan Tablet Tambah Darah ke Remaja Putri

Selasa, 11 Februari 2020 13:35 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Subaidah
Cegah Stunting, Kecamatan Arosbaya Bagikan Tablet Tambah Darah ke Remaja Putri
Para remaja putri foto bersama Camat Arosbaya Mahrus beserta jajaran Puskesmas Arosbaya dan Tongguh usai pencanangan minum tablet tambah darah.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Kecamatan Arosbaya menggelar pencanangan pembiasaan minum tablet tambah darah (fe) pada remaja putri untuk mewujudkan bebas stunting. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Kecamatan Arosbaya, Selasa (11/2).

Mahrus, Camat Arosbaya mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan lintas sektor yang dilakukan oleh dua puskesmas yang berada di lingkungan Arosbaya, yakni Puskesmas Arosbaya dan Puskesmas Tongguh.

"Tujuannya untuk mencegah angka stunting di wilayah Arosbaya. Sehingga angka stunting di tahun yang akan datang mengalami penurunan. Dengan sasaran peserta remaja putri dari SMP, SMA, SMA, dan pondok pesantren yang ada di Arosbaya," ujarnya, Selasa (11/2).

Mahrus berharap, ke depannya Kecamatan Arosbaya dapat terbebaskan dari angka stunting, sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat.

Sementara Masturah, Kepala Puskesmas Arosbaya mengatakan selain untuk mencegah stunting, kegiatan ini juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas dari remaja putri sebagai calon ibu. Sebab, suplemen gizi yang diberikan mengandung zat besi dan asam folat untuk mencegah anemia.

"Karena kita tidak ingin remaja putri Arosbaya melahirkan anak dengan kondisi stunting yang disebabkan oleh kondisi ibu penderita anemia sehingga anak yang dilahirkan memiliki berat badan lahir rendah (BBLR)," ungkapnya.

Kepala Puskesmas Tongguh Titin Trisnowati menambahkan, pemberian tablet tambah darah ini juga akan dilakukan secara berkelanjutan setiap hari Selasa di sekolah-sekolah. Dengan kontrol langsung dari puskesmas.

"Setiap minggunya nanti petugas dari tiap puskesmas akan mengontrol minum fe ini, sesuai dengan wilayah kerja kami ya, dan akan kami evaluasi setiap minggunya," ujarnya.

Sementara itu, diketahui jumlah angka stunting di wilayah kerja Puskesmas Arosbaya sebanyak 60 anak, sedangkan di wilayah Kerja Puskesmas Tongguh ada dan 4 anak. (ida/uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...