Dilengkapi Taman Baca, Wawali Kota Batu Puji Sungai Tematik di Desa Giripurno

Dilengkapi Taman Baca, Wawali Kota Batu Puji Sungai Tematik di Desa Giripurno Anak-anak memanfaatkan taman baca Sungai Kedung dengan membaca buku-buku yang tersedia.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Wakil Wali Kota Batu H. Punjul Santoso memuji kreativitas warga Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Pasalnya, warga desa setempat dengan dikawal Sabers Pungli Kota Batu berhasil membuat kawasan Sungai Kedung, Giripurno menjadi satu-satunya sungai tematik di wilayah Kota Batu.

"Ya, Pak Wawali sangat mendukung dan mengapresiasi adanya sungai tematik ini. Bahkan, beliau ikut terlibat langsung dalam kegiatan bersih-bersih Sungai Kedung, Minggu kemarin," ujar Achmad Rifai, salah seorang penggagas Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali (Sabers Pungli) Kota Batu kepada BANGSAONLINE.com, Senin (10/2).

Ia mengungkapkan beberapa inovasi warga yang membuat sungai itu menjadi sungai tematik, antara lain pembuatan taman baca di sempadan sungai sebagai ruang edukasi kepada anak-anak agar menjadi agen perubahan di masa depan. Taman baca itu berada di dekat Sungai Kedung yang berisi berbagai buku bacaan.

Dengan adanya taman baca tersebut, anak-anak yang sering bermain di sungai bisa menyempatkan hadir di taman baca sambil membaca buku.

"Karena keberadaan taman baca ini penting, Pak Wawali berjanji akan mengajak instansi terkait, khususnya perpustakaan Kota Batu untuk turut mendukung pengadaan buku sebagai sarana mencerdaskan generasi masa depan yang gemar menulis dan membaca," jelas Achmad Rifai yang biasa dipanggil Mad Berlin ini.

Hal senada juga diungkapkan Doddy Eko Wahyudi, anggota Sabers Pungli lainnya. Menurutnya, Wakil Wali Kota Batu juga berjanji akan meminta kepada dinas terkait, khususnya Dinas LH dan PUPR untuk membantu pengerukan sedimentasi sungai.

"Bahkan, Pak Wawali juga minta dinas terkait untuk ikut membantu perawatan sempadan sungai tematik tersebut," tuturnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO