​Legenda Hollywood Kirk Douglas Meninggal di Usia 103 Tahun

​Legenda Hollywood Kirk Douglas Meninggal di Usia 103 Tahun Kirk Dauglas, beserta anaknya, Michael Dauglas. foto: istimewa

BANGSAONLINE.com - Legenda Hollywood Kirk Douglas yang ngetop saat membintangi Spartacus, meninggal dalam usia 103 tahun “Karya-karyanya, seperti Paths of Glory dan Lust For Life adalah warisan yang akan bertahan selama beberapa generasi,” kata putra Kirk, Michael Douglas.

Michael mengumumkan kematian ayahnya, dalam sebuah postingan di Instagram pada Rabu malam.

"Bagi dunia, dia adalah legenda, aktor dari zaman keemasan film, yang hidup dengan baik di masa keemasannya, seorang yang komitmennya pada keadilan," kata pernyataan itu.

"Tetapi bagi saya dan saudara lelaki saya, Joel dan Peter, ia hanyalah Ayah, bagi Catherine, seorang ayah mertua yang hebat, bagi cucu-cucunya dan cicit kakek mereka yang pengasih, dan bagi istrinya Anne, seorang suami yang luar biasa."

"Kehidupan Kirk dijalani dengan baik, dan dia meninggalkan warisan dalam film yang akan bertahan untuk generasi yang akan datang, dan sejarah sebagai filantropis terkenal yang bekerja untuk membantu masyarakat dan membawa perdamaian ke planet ini," kata Michael.

"Biarkan aku akhiri dengan kata-kata yang kusampaikan pada hari ulang tahun terakhirnya. Ayah - aku sangat mencintaimu dan aku sangat bangga menjadi putramu."

Dilahirkan dengan nama Issur Danielovitch Demsky, Kirk adalah imigran Rusia-Yahudi yang miskin. Kirk perna bekerja sebanyak 40 macam pekerjaan, sebelum menemukan ketenaran sebagai aktor. Bahkan di usia paruh baya, aktor ini memiliki reputasi sebagai pemain yang tangguh.

Ketika berita tentang kematian Douglas menyebar pada hari Kamis, industri film mulai menyatakan belasungkawa. Sutradara Steven Spielberg mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Kirk mempertahankan karisma bintang filmnya hingga akhir hidupnya yang indah, dan saya merasa terhormat telah menjadi bagian kecil dari 45 tahun terakhirnya. Saya akan kehilangan catatan tulisan tangan, surat-surat dan nasihat kebapakan, dan kebijaksanaan dan keberaniannya - bahkan di luar pekerjaan yang menakjubkan - cukup untuk menginspirasi saya dan di usia sisa saya."

Di media sosial, banyak yang berbagi kesedihan mereka. William Shatner menyebut Douglas "ikon yang luwar biasa" dari industri film.

Douglas membuat debut layar di film 1946 The Strange Love of Martha Ivers, dia bermain bersama Robert Mitchum dan Jane Greer dalam film-noir klasik Out of the Past.

Dengan rahang persegi, dagu sumbing, dan mata keping es, ia mengasah kemampuannya dalam film laga seperti Champion, Ace in the Hole, I Walk Alone dan The Bad and the Beautiful.

Namun Douglas juga cukup cerdik untuk menghindari jebakan typecasting. Pada tahun 1956 ia mendapat sambutan hangat karena peniruannya atas Vincent Van Gogh di Lust For Life karya Vicente Minnelli. John Wayne sendiri merasa ngeri. "Ya Tuhan, Kirk, bagaimana kamu bisa memainkan peran seperti itu?" Tuntutnya. "Kita harus memainkan karakter yang kuat, tangguh, bukan lemah ini."

Sumber: theguardian

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO