Minggu, 12 Juli 2020 17:06

​Legenda Hollywood Kirk Douglas Meninggal di Usia 103 Tahun

Kamis, 06 Februari 2020 18:41 WIB
Editor: Choirul
​Legenda Hollywood Kirk Douglas Meninggal di Usia 103 Tahun
Kirk Dauglas, beserta anaknya, Michael Dauglas. foto: istimewa

BANGSAONLINE.com - Legenda Hollywood Kirk Douglas yang ngetop saat membintangi Spartacus, meninggal dalam usia 103 tahun “Karya-karyanya, seperti Paths of Glory dan Lust For Life adalah warisan yang akan bertahan selama beberapa generasi,” kata putra Kirk, Michael Douglas.

Michael mengumumkan kematian ayahnya, dalam sebuah postingan di Instagram pada Rabu malam.

"Bagi dunia, dia adalah legenda, aktor dari zaman keemasan film, yang hidup dengan baik di masa keemasannya, seorang yang komitmennya pada keadilan," kata pernyataan itu.

"Tetapi bagi saya dan saudara lelaki saya, Joel dan Peter, ia hanyalah Ayah, bagi Catherine, seorang ayah mertua yang hebat, bagi cucu-cucunya dan cicit kakek mereka yang pengasih, dan bagi istrinya Anne, seorang suami yang luar biasa."

"Kehidupan Kirk dijalani dengan baik, dan dia meninggalkan warisan dalam film yang akan bertahan untuk generasi yang akan datang, dan sejarah sebagai filantropis terkenal yang bekerja untuk membantu masyarakat dan membawa perdamaian ke planet ini," kata Michael.

"Biarkan aku akhiri dengan kata-kata yang kusampaikan pada hari ulang tahun terakhirnya. Ayah - aku sangat mencintaimu dan aku sangat bangga menjadi putramu."

Dilahirkan dengan nama Issur Danielovitch Demsky, Kirk adalah imigran Rusia-Yahudi yang miskin. Kirk perna bekerja sebanyak 40 macam pekerjaan, sebelum menemukan ketenaran sebagai aktor. Bahkan di usia paruh baya, aktor ini memiliki reputasi sebagai pemain yang tangguh.

Ketika berita tentang kematian Douglas menyebar pada hari Kamis, industri film mulai menyatakan belasungkawa. Sutradara Steven Spielberg mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Kirk mempertahankan karisma bintang filmnya hingga akhir hidupnya yang indah, dan saya merasa terhormat telah menjadi bagian kecil dari 45 tahun terakhirnya. Saya akan kehilangan catatan tulisan tangan, surat-surat dan nasihat kebapakan, dan kebijaksanaan dan keberaniannya - bahkan di luar pekerjaan yang menakjubkan - cukup untuk menginspirasi saya dan di usia sisa saya."

Di media sosial, banyak yang berbagi kesedihan mereka. William Shatner menyebut Douglas "ikon yang luwar biasa" dari industri film.

Douglas membuat debut layar di film 1946 The Strange Love of Martha Ivers, dia bermain bersama Robert Mitchum dan Jane Greer dalam film-noir klasik Out of the Past.

Dengan rahang persegi, dagu sumbing, dan mata keping es, ia mengasah kemampuannya dalam film laga seperti Champion, Ace in the Hole, I Walk Alone dan The Bad and the Beautiful.

Namun Douglas juga cukup cerdik untuk menghindari jebakan typecasting. Pada tahun 1956 ia mendapat sambutan hangat karena peniruannya atas Vincent Van Gogh di Lust For Life karya Vicente Minnelli. John Wayne sendiri merasa ngeri. "Ya Tuhan, Kirk, bagaimana kamu bisa memainkan peran seperti itu?" Tuntutnya. "Kita harus memainkan karakter yang kuat, tangguh, bukan lemah ini."

Kirk juga aktif di belakang layar. Perusahaan produksinya, Bryna Productions, berperan penting dalam mengembangkan apa yang bisa dibuktikan dalam dua karya besarnya, Paths of Glory dan Spartacus, keduanya disutradarai oleh Stanley Kubrick.

Peran kunci lainnya termasuk giliran petualang di The Viking dan penampilannya sebagai koboi modern pada tahun 1962 Lonely is the Brave. Sebagai tambahan, ia membuat tujuh film berlawanan dengan Burt Lancaster, menjalankan keseluruhan dari Gunfight di OK Corral hingga film thriller politik Seven Days pada bulan Mei.

Douglas dinominasikan tiga kali - untuk Champion, The Bad dan Beautiful and Lust For Life - tetapi harus puas dengan penghargaan kehormatan yang akhirnya diberikan pada 1995. Pada 1981 ia dianugerahi Presidential Medal of Freedom oleh temannya, Jimmy.

Pada tahun 1970-an bintang Douglas mulai berkurang. Dia dinilai terlalu tua untuk memainkan peran RP McMurphy yang mengadaptasi novel Ken Kesey, One Flew Over the Cuckoo's Nest. Film ini kemudian diproduksi oleh putranya Michael, dengan Jack Nicholson di peran utama.

Meskipun menderita stroke yang melemahkan pada tahun 1996, Douglas terus aktif. Dia membuat penampilan layar terakhirnya pada tahun 2004 - memerankan sutradara yang sedang sekarat dalam film drama dengan biaya rendah, Illusion - dan muncul dalam pertunjukan tunggal, Before I Forget, di teater Culver di Culver City, California, pada Maret 2009.

Pada tahun-tahun berikutnya dia menjadi seorang blogger selebriti yang aktif dan mengakui bahwa ambisi besarnya yang terakhir adalah bertemu aktor Angelina Jolie - "asalkan istri saya mengizinkan saya".

Dalam otobiografinya tahun 1988, The Ragman's Son, Douglas mengenang kebangkitannya dari kemiskinan - melalui pekerjaan sebagai pelayan dan tugas sebagai pegulat profesional - ke Hollywood A-list. "Hidup itu seperti naskah film," pungkasnya. "Itu klise itu. Jika seseorang menawari saya kisah hidup saya untuk difilmkan, saya akan menolaknya. "

Aktor dan pendukung industri film memberikan penghormatan kepada Douglas pada hari Kamis termasuk legenda Star Trek George Takei, yang mengatakan di Twitter, “Douglas adalah seorang juara karena banyak alasan dan menjalani kehidupan yang panjang dan bertingkat. Dia dipuja dan dicintai, dan dia akan dirindukan. "

Sutradara film Rob Reiner mengatakan, “Kirk Douglas akan selalu menjadi ikon di jajaran Hollywood. Dia mempertaruhkan daftar hitamnya. Cinta saya jatuh kepada teman saya Michael dan seluruh keluarga. "

Douglas meninggalkan seorang istri, Anne Buydens, dan ketiga putranya: Michael, Joel, dan Peter. Putra keempat, Eric, meninggal pada 2004.

Sumber: theguardian
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...