​Kota Kukes, Dilengkapi Kota Bawah Tanah Lengkap dengan Toko Roti dan Ruang Sidang

​Kota Kukes, Dilengkapi Kota Bawah Tanah Lengkap dengan Toko Roti dan Ruang Sidang Kota bawah tanah, dengan sang arsitek, Feti Gjici. foto: guardian

BANGSAONLINE.com – Kota Kukes, Albania Utara, kini dipimpin wali kota diktator yang paranoid perang, dan penganut paham Stalinis, Enver Hoxha. Karena ketakutannya akan perang, dia menggandeng sepupunya, Feti Gjici untuk merancang kota bawah tanah, di kedalaman 30 meter.

Selama hampir dua dekade, Feti Gjici mengerjakan proyek yang sangat rahasia, sehingga ia harus mengunci rencana itu di brankas, sebelum meninggalkan kantornya setiap malam. Dia tidak pernah membicarakannya dengan teman atau keluarganya.

Gjici adalah perencana utama kota Kukës, di Albania Utara, yang bekerja selama bertahun-tahun untuk rezim komunis. Di kota bawah tanah yang dibangunnya di kedalaman 30 meter, terdapat ratusan ribu beton, untuk mempertahankan penduduknya dari ancaman invasi.

Kukës yang tidak jauh dari perbatasan dengan sosialis Yugoslavia, memang terkenal sebagai kota maju. Tugas Gjici dimulai pada awal 1970-an dan berakhir dengan sendirinya, ketika sang sepupu dijatuhkan pada tahun 1991.

Rencana pertama, pada awal 1970-an, adalah membangun untuk perlindungan dari ledakan bom. Ketika tahun 1980-an berlangsung, atas perintah bos militer, Gjici menambahkan lebih banyak terowongan dan kamar, termasuk ruang percetakan, rumah sakit, dan toko roti. Kemudian, jaringan listrik dan air ditambahkan.

Bahkan ada pusat komando militer, titik polisi, dan ruang sidang. Idenya adalah bahwa 10.000 orang harus dapat hidup mandiri di bawah tanah untuk jangka waktu hingga enam bulan.

“Tentu saja, dalam masa perang, berbagai hal mungkin berjalan dengan kapasitas yang berkurang, tetapi idenya adalah untuk mereplikasi seluruh kota di bawah tanah,” kenang Gjici, yang kini berusia 72 tahun.

Pada awal 1970-an, otoritas komunis membangun danau buatan selama pembangunan pembangkit listrik tenaga air. Gjici sebagai arsiteknya. Baik untuk pembangunan danau buatan, dan juga kota bawah tanah. "Karena saya melakukan pekerjaan dengan baik, mereka mempercayakan saya dengan rencana untuk kota bawah tanah," katanya.

Ditanya apa yang akan dia katakan jika seorang rekan bertanya tentang apa yang sedang dia kerjakan, dia tertawa. "Itu bukan budaya kami, di mana orang-orang bertanya kepadamu apa yang kamu lakukan. Bahkan, istrinya tak bertanya. Hanya saja samar-samar istri saya mulai sadar bahwa suaminya bekerja pada proyek bawah tanah selama bertahun-tahun, tetapi dia juga tidak pernah menuntut detail. Dia tahu lebih baik daripada bertanya," akuinya.

Karena hunian ini sangat rahasia, Gjici memiliki tim yang hanya terdiri dari 30 pekerja konstruksi untuk membangunnya. Karena setiap pekerja harus diperiksa secara menyeluruh oleh dinas keamanan untuk keandalan politik.

"Semakin sedikit orang yang tahu, semakin baik," katanya. Tim kecil ini kemudian dibagi menjadi beberapa pasangan yang dikirim untuk bekerja di bagian-bagian berbeda dari tempat penampungan, tanpa menyadari ada satu jaringan besar yang saling berhubungan.

Selama 1980-an, pihak berwenang melakukan latihan rutin. Misalnya, ketika sirene berbunyi, seluruh populasi Kukës bergerak di bawah tanah dalam tujuh menit, melalui 30 pintu masuk. Tetapi dilarang untuk bergerak sekali di bawah tanah. Mereka kemudian bergabung bersama melalui terowongan yang membentang bermil-mil.

Konstruksi pada jaringan bawah tanah selesai pada tahun 1989. Listrik dan air terpasang. 

Namun, belakangan ini Gjici turun ke terowongan. Dia mendapati akses ke sebagian besar jaringan terowongan dan kamar tertutup oleh tumpukan besar pasir dan lumpur.

Setelah 30 tahun diabaikan, Wali Kota baru Kukës, Safet Gjici, sepupu Feti, ingin menyelesaikan apa yang dimulai rezim komunis berupa pembangunan kota bawah tanah.

Pada 1990-an, ia penasaran setelah mendengar cerita-cerita sepupunya dan turun ke terowongan yang ditinggalkan dengan beberapa teman. "Aku akan jujur, aku tidak bisa percaya betapa dalamnya," katanya dalam sebuah wawancara di kantor wali kota.

“Kami masuk ke suatu tempat, tetapi saya merasa takut dan berbalik. Ada desas-desus tentang orang-orang yang pergi ke sana dan tidak pernah kembali lagi,” tuturnya.

Kemudian dia mengunjungi lagi, kali ini dengan sepupunya dan lampu yang tepat, dan dia tidak bisa percaya seberapa besar itu. Visi pariwisata mulai terbentuk. Kemudian beberapa bulan yang lalu dia terpilih sebagai wali kota, dan memutuskan akan melanjutkan kota bawah tanah itu.

Sumber: theguardian

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO