​Kang Irwan: Gus Sholah adalah Pelita Bangsa

​Kang Irwan: Gus Sholah adalah Pelita Bangsa Kang Irwan (dua dari kanan shaf pertama) ikut mensalatkan jenazah Gus Sholah di masjid komplek Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wafatnya KH. Salahuddin Wahid atau pada Ahad (2/2) membuat publik kehilangan. Sebab sosok adalah panutan bagi bangsa ini. Sikapnya selalu konsisten dalam moderasi. 

Ia adalah teladan dalam kehidupan berdemokrasi. Pilihannya selalu didasarkan pada objektivitas, rasionalitas, dan kemaslahatan bagi ummat, bangsa, dan negara.

Ketua Umum DPW PKS Jawa Timur, Irwan Setiawan menuturkan, adalah rujukan bagi PKS Jatim dalam membangun bangsa. Bagi PKS, adalah pelita bangsa.

"Kami selalu sowan kepada beliau. Sebelum pemilu lalu kami bersama Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim mendengarkan pandangan-pandangan dan masukan beliau. Dan itu sangat mencerahkan. Beliau seperti pelita bangsa yang menerangi kegelapan. Kami pegang nasihat-nasihat beliau sampai sekarang," ujar politikus PKS yang akrab disapa Kang Irwan itu, Senin (3/2).

Irwan mengungkapkan, saat Haul Gus Dur di 21 Desember 2019 lalu, juga dengan pandangannya yang jernih, memberikan sambutan pada Seminar Nasional di Pesantren Tebuireng tersebut.

"Saat itu Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf didapuk menjadi salah satu pembicara oleh beliau. Sebelumnya kami pun bercengkerama di kediaman. Dan mendengarkan wejangan-wejangan beliau. Kami tak menyangka itulah saat terkhir kami bertemu," kenang Irwan saat ditemui usai melaksanakan shalat jenazah di Tebuireng yang diimami oleh KH Fahmi Amrullah Hadzik (Gus Fahmi). 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO