Ribuan Petugas Pengawas Pemilu Dilindungi dengan BPJS Ketenagakerjaan

Ribuan Petugas Pengawas Pemilu Dilindungi dengan BPJS Ketenagakerjaan Ilustrasi

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 3.302 orang anggota pengawas di jajaran Bawaslu Kabupaten Kediri akan dilindungi keselamatan mereka dalam menjalankan fungsi pengawasan dalam Pemilihan Bupati Kediri 2020 dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Demikian disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Saidatul Ummah kepada wartawan, Sabtu (1/2/2020). Menurut Saidatul, mulai dari panitia pengawas di tingkat kecamatan hingga pengawas di tempat pemungutan suara atau TPS, nantinya akan memperolah jaminan kecelakaan kerja dan kematian, termasuk santunan untuk keluarga.

"Program tersebut merupakan apresiasi kerja pengawas pemilu, di mana sebelumnya di Pemilu 2019 lalu, banyak petugas mengalami kecelakaan kerja hingga meninggal dunia akibat kelelahan. Saat ini, yang telah ter-cover oleh program ini adalah 78 petugas Panwascam di 26 kecamatan. Sisanya akan di-cover setelah terbentuk, sesuai masa kerja mereka," kata mantan Ketua Panwascam Grogol itu.

Bawaslu Kabupaten Kediri, lanjut Saidatul Ummah, akan melindungi petugas pengawas pemilu dengan BPJS Ketenagakerjaan. Menyusul, adanya beberapa kasus kecelakaan kerja yang dialami petugas saat menjalankan tugasnya, pada Pileg dan Pilpres 2019 lalu. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO