​Mendag Lepas Ekspor Produk Makanan Beku ke Amerika dan Sejumlah Negara Lain

​Mendag Lepas Ekspor Produk Makanan Beku ke Amerika dan Sejumlah Negara Lain

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melepas ekspor produk makanan beku produksi PT Sekar Bumi Tbk ke Amerika Serikat (AS), Jepang, Eropa, Korea Selatan dan sejumlah negara lain.

Ekspor produk makanan beku ini diberangkatkan secara simbolis dari pabrik PT Sekar Bumi Tbk di Kabupaten Sidoarjo, Jumat (31/1). pelepasan ekspor didampingi Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak serta Presiden Direktur PT Sekar Bumi Tbk Harry Lukmito.

Totalnya ada 65 kontainer 40 feet yang nilainya mencapai USD 8.700.000. Jenis makanan yang diekspor bervariasi seperti udang, ebi furai, ebi katsu, bakso ikan, siomay, hakau dan spring roll. Bahkan juga ada produk lokal tanah air seperti tempe, petai, lele dan bumbu pecel.

Pelepasan ekspor ditandai dengan pengguntingan pita. Setelah itu Mendag Agus Suparmanto menyempatkan mengalami pengemudi kontainer yang akan berangkat. "Selamat jalan Pak, semoga lancar," kata mendag.

Mendag mengaku gembira dan salut dengan ekspor yang dilakukan perusahan ini. Dia berharap ekspor akan terus ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang.

Senada dengan Mendag, Emil Dardak mengaku bangga karena produk Sidoarjo bisa menembus pasar dunia. Bahkan produk-produk itu dipasarkan di sejumlah supermarket ternama.

"Saya juga ikut bangga, best performance exporter ternyata ada di Sidoarjo," kata Emil.

Sementara Harry Lukmito menambahkan, selain dari Sidoarjo, ekspor juga dilakukan dari pabrik lain di Cikupa Tangerang dan Pasuruan Jawa Timur. Tahun ini ekspor akan ditingkatkan melebihi tahun lalu yang nilainya mencapai USD 131.908.713.

"Sejak 1973 didirikan menjadi pabrik pengolahan dan eksporter, kita sudah menyumbang devisa lebih dari USD 2 miliar. (cat/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO