Lupa Matikan Tungku, 50 'Jiwa' Tewas Terpanggang Dalam Kebakaran di Kota Batu

Lupa Matikan Tungku, 50 Petugas pemadam kebakaran tiba ke lokasi untuk memadamkan api.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Ini peringatan bagi kita agar tidak lalai mematikan kompor usai memasak. Sebab, gara-gara lupa mematikan tungku saat merebus air, kandang ayam milik Karnadi (67 tahun) warga Jalan Darsono 03/X, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan, Batu Kota Batu, ludes terbakar pada Kamis (30/1) sekitar pukul 13.10 WIB.

Beruntung kobaran api yang menjalar begitu cepat ke seluruh ruangan itu tidak menimbulkan korban jiwa. Karnadi dan penghuni rumah dapat menyelamatkan diri dari amukan api. Sebagian rumahnya, masih bisa diselamatkan.

Namun, 50 ekor ayam yang ada di kandangnya tak dapat diselamatkan. Hewan peliharaan yang menjadi sumber ekonomi keluarganya itu tewas terpanggang. Karnadi sendiri juga mengalami lupa bakar ringan.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Sasmito mengatakan bahwa kejadian kebakaran rumah milik warga Nganglik itu disebabkan karena korban lupa mematikan tungku yang digunakan untuk merebus air.

"Kejadian itu bermula saat pemilik rumah sedang merebus air dengan menggunakan tungku, kemudian ditinggal begitu saja. Entah lupa atau bagaimana, kemudian Tungku yang letaknya dekat dengan kayu bakar itu menyebabkan api menjalar dan terjadi kebakaran," Kata Sasmito.

Petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu langsung menuju lokasi begitu mendapat laporan dari warga. Begitu juga BPBD, Polres Batu, Babinsa, PMI, Tagana, warga setempat, melakukan upaya pemadaman.

“Kejadian itu berlangsung saat cuaca di Kota Batu sebagian hujan ringan dan sebagian lagi hujan deras. Sementara atas kejadian itu, BPBD Kota Batu melakukan kaji cepat dan pembasahan serta pembersihan sisa kebakaran,” jelas Sasmito. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO