​Diduga Gunakan Gelar Palsu, Bakal Calon Bupati Kediri Ditetapkan Jadi Tersangka

​Diduga Gunakan Gelar Palsu, Bakal Calon Bupati Kediri Ditetapkan Jadi Tersangka Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana, saat menggelar jumpa pers, Kamis (30/1).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setelah panggilan pertama sebagai tersangka tidak didatangi, Supadi, Kades Tarokan, Kabupaten Kediri yang dilaporkan telah menggunakan gelar diduga palsu, akan dipanggil lagi oleh penyidik Polres Kediri Kota pada Selasa (4/2) mendatang.

Demikian disampaikan Kapolres Kediri Kota, AKBP Miko Indrayana saat menggelar jumpa pers, Kamis (30/1) di Mapolres Kediri Kota.

Menurut Kapolres, pihaknya telah menetapkan Supadi, Kepala Desa Tarokan, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri itu, sebagai tersangka dalam kasus dugaan penggunaan gelar palsu. Supadi telah menyematkan gelar SE (Sarjana Ekonomi) dalam beberapa dokumen administrasi kependudukan dan desa yang diduga palsu.

Diterangkan kapolres, kasus dugaan penggunaan gelar palsu tersebut bermula dari laporan masyarakat pada 2019 lalu, dan pihak penyidik Satreskrim Polres Kediri Kota telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, termasuk ahli. 

"Saya yakin, beliau Bapak Supadi akan datang pada panggilan kedua nanti. Dan, saya tegaskan di sini bahwa polisi akan bertindak profesional dan transparan dalam menangani kasus ini," terangnya.

Tersangka, lanjut kapolres, akan dikenakan pasal 93 junto pasal 28 ayat 7 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara atau denda Rp 1 miliar.

"Penyidik telah mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya surat menyurat di desa, di mana tersangka menyematkan gelarnya tersebut. Selain itu, pemakaian gelar tersebut dalam administrasi kependudukan seperti KK dan KTP," imbuh AKBP Miko.

Sementara itu, Supadi, kepada wartawan mengakui bahwa dirinya telah menerima surat panggilan sebagai tersangka oleh penyidik Satreskrim Polres Kediri Kota. Namun,  pihaknya belum bisa memenuhi panggilan penyidik pada panggilan pertama tersebut karena tengah mempersiapkan diri. Supadi berencana mendatangi Polres Kediri Kota pada hari Selasa mendatang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO