Muncul Meme Monumen Gajah Terbuat dari Ban Bekas

Muncul Meme Monumen Gajah Terbuat dari Ban Bekas Monumen gajah mungkur yang lucu di Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Monumen Gajah Mungkur yang dibuat Pemkab di perlimaan Sukorame Kecamatan , terus menjadi sorotan publik.

Kabarnya, sejumlah tokoh NU Kabupaten juga mempersoalkan bangunan dengan anggaran miliaran rupiah dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) itu, karena tak mencerminkan ciri khas sebagai Kabupaten berjuluk Kota Wali dan Santri ini.

Bahkan, belakangan juga banyak bermunculan meme-meme patung gajah sebagai simbol sindiran atas pembangunan monumen Gajah Mungkur. Ada meme Gajah memakai sarung dan berkopiah, hingga meme gajah terbuat dari ban bekas.

Anggota Perkumpulan Kaum Giri / Makam Sunan Giri, Gilang Adiwidya (45) membenarkan, pembangunan monumen Gajah Mungkur memunculkan banyak protes dari berbagai kalangan, khususnya kalangan pemerhati sejarah.

"Bahkan, saat ini ada tokoh yang berencana mendatangkan patung gajah dengan memegang Trisula sebagai tandingan patung Gajah Mungkur di Perlimaaan Sukorame yang tak memiliki mata, telinga dan empat kaki. Ini adalah bentuk reaksi masyarakat atas sikap pemerintah kalau membuat monumen tak kulo nuwun (pamit, Red) dulu kepada yang paham dan para tokoh," ujar Gilang kepada BANGSAONLINE.com, Senin (27/1).

Menurutnya, para sejarawan menganggap bangunan Gajah Mungkur mengesampingkan filosofi aslinya bangunan cagar budaya. Ia menyebut bangunan itu tak memenuhi kriteria-kriteria cagar budaya sebagaimana di atur dalam pasal 5 Undang-Undang No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Yaitu, (1) berusia sekurang-kurangnya 50 tahun, (2) mewakili masa gaya sekurang-kurangnya berusia 50 tahun, dan (3) dianggap memiliki arti penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan.

"Bagi para tokoh sejarah, bangunan Gajah Mungkur di Perlimaan Sukorame, tidak memperhatikan poin-poin dalam pelestarian cagar budaya," pungkasnya. (hud/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO