Senin, 24 Februari 2020 08:27

​Meluber ke Jalan Kota Batu, RCL 'Sapu' Sampah Giripurno 25 Ton

Sabtu, 25 Januari 2020 15:21 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Agus Salimullah
​Meluber ke Jalan Kota Batu, RCL
Tim Relawan Cinta Lingkungan Kota Batu bersama relawan lain saat bersih-bersih sampah TPS Desa Giripurno yang meluber ke jalan.

KOTA BATU, BANGSAONLINE. com - Tim relawan cinta lingkungan (RCL) Kota Batu yang dibantu tim penyapuan, tim reaksi cepat, Dinas Lingkungan Hidup, dan perangkat Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji menyapu bersih TPS Desa Giripurno yang meluber ke jalan, Sabtu (25/1).

"Ya, TPS Giripurno ini terlalu over hingga meluber ke jalan. Selain demi kebersihan lingkungan, juga mengantisipasi terjadi banjir, mengingat sekarang musim penghujan," ujar Rudi Eko Prasetyo, Ketua RCL Kota Batu.

Dalam bersih-bersih kali ini, RCL melibatkan 40 orang mengingat terlalu beratnya kondisi sampah karena sangat banyak. Sampah yang berhasil diangkut sebanyak 7 truk satu kontainer, dan satu pick up yang beratnya diperkirakan mencapai 25 ton. Sampah tersebut kebanyakan sampah plastik, botol minuman, sayuran, dan pakaian bekas.

"Kami ingin mengingatkan kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Begitu juga di TPS, mohon kiranya dinaikkan ke dalam kontainer yang telah disediakan," ujarnya.

Sebagai kota wisata, ia mengimbau warga Kota Batu agar senantiasa menjaga kebersihan. Selain agar bersih, orang yang lewat dekat TPS tidak terganggu bau sampah.

Sampah-sampah yang sudah terkumpul itu kemudian dibuang ke TPA Tlekung, Junrejo, Kota Batu. Kecuali sampah yang bisa didaur ulang, disendirikan.

Ditanya kiprah RCL dalam membersihkan sampah di Kota Batu, sejak berdiri, Rudi Eko mengatakan RCL sudah ratusan kali melakukan kerja bakti hingga tidak terhitung jumlahnya. (asa/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...