​Meluber ke Jalan Kota Batu, RCL 'Sapu' Sampah Giripurno 25 Ton

​Meluber ke Jalan Kota Batu, RCL Tim Relawan Cinta Lingkungan Kota Batu bersama relawan lain saat bersih-bersih sampah TPS Desa Giripurno yang meluber ke jalan.

KOTA BATU, BANGSAONLINE. com - Tim relawan cinta lingkungan (RCL) yang dibantu tim penyapuan, tim reaksi cepat, Dinas Lingkungan Hidup, dan perangkat Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji menyapu bersih TPS Desa Giripurno yang meluber ke jalan, Sabtu (25/1).

"Ya, TPS Giripurno ini terlalu over hingga meluber ke jalan. Selain demi kebersihan lingkungan, juga mengantisipasi terjadi banjir, mengingat sekarang musim penghujan," ujar Rudi Eko Prasetyo, Ketua RCL .

Dalam bersih-bersih kali ini, RCL melibatkan 40 orang mengingat terlalu beratnya kondisi sampah karena sangat banyak. Sampah yang berhasil diangkut sebanyak 7 truk satu kontainer, dan satu pick up yang beratnya diperkirakan mencapai 25 ton. Sampah tersebut kebanyakan sampah plastik, botol minuman, sayuran, dan pakaian bekas.

"Kami ingin mengingatkan kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Begitu juga di TPS, mohon kiranya dinaikkan ke dalam kontainer yang telah disediakan," ujarnya.

Sebagai kota wisata, ia mengimbau warga  agar senantiasa menjaga kebersihan. Selain agar bersih, orang yang lewat dekat TPS tidak terganggu bau sampah.

Sampah-sampah yang sudah terkumpul itu kemudian dibuang ke TPA Tlekung, Junrejo, . Kecuali sampah yang bisa didaur ulang, disendirikan.

Ditanya kiprah RCL dalam membersihkan sampah di , sejak berdiri, Rudi Eko mengatakan RCL sudah ratusan kali melakukan kerja bakti hingga tidak terhitung jumlahnya. (asa/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO