Antisipasi Virus Corona, Gubernur Jatim Cek Alat Body Thermal Scanner di Bandara Juanda

Antisipasi Virus Corona, Gubernur Jatim Cek Alat Body Thermal Scanner di Bandara Juanda Gubernur Jatim Khofifah memantau suhu tubuh penumpang yang terekam oleh Body Thermal Scanner melalui monitor.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi masuknya virus corona ke Jatim, Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung kesiapan petugas dan alat Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya di Terminal 2 Bandara Juanda Kabupaten Sidoarjo, Jumat (24/1).

Bahkan, Gubernur Jatim tersebut memastikan langsung alat pendeteksi suhu tubuh Body Thermal Scanner yang dipasang di pintu kedatangan penerbangan Internasional itu berfungsi optimal. Alat canggih tersebut bisa memantau suhu tubuh orang yang terekam kamera.

Peninjauan langsung yang dilakukan oleh orang nomor satu di Jatim tersebut merupakan bentuk kesiapsiagaan serta kewaspadaan agar masyarakat Jatim tidak khawatir dan tidak terjangkit virus baru tersebut.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) RI, Virus Corona diduga penularannya dilakukan dari hewan ke manusia, dikarenakan kasus yang muncul di Wuhan, China, semua yang terjangkiti virus Corona memiliki riwayat kontak dengan hewan.

Khofifah menjelaskan, pada tanggal 5 Januari 2020 Menteri Kesehatan mengirimkan surat edaran kepada Kepala Dinas Kesehatan yang berisikan antisipasi dan kewaspadaan secara lebih seksama. Guna lebih meningkatkan kewaspadaan, seluruh penerbangan internasional dari China diminta untuk mengisi kartu kewaspadaan kesehatan. Harapannya, jika penumpang mengisi kartu kewaspadaan kesehatan akan bisa terdeteksi lebih awal apabila ada gejala terinfeksi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO