​Antisipasi Banjir, Pemprov Jatim Gelar Aksi Resik Sungai, Khofifah Apresiasi Semua yang Terlibat

​Antisipasi Banjir, Pemprov Jatim Gelar Aksi Resik Sungai, Khofifah Apresiasi Semua yang Terlibat Tampak sungai Pesantren Waru Sidoarjo Jawa Timur saat belum dibersihkan penuh sampah (kiri) dan sungai yang sudah dibersihkan. foto: istimewa/ bangsaonine.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar aksi gerakan Resik-Resik Sungai di beberapa wilayah sungai di Sidoarjo, mulai Senin (20/1) hingga Selasa (21/1). Ini untuk mengantisipasi banjir.

Gerakan ini dilakukan bersama-sama dengan TNI AL, Brigade Infanteri I/Marinir, Polri, IOF, Tagana, serta sekber relawan penanggulangan bencana (SRPB) Jatim. Bahkan, Sekdaprov Jatim ikut terjun langsung di lapangan memimpin kegiatan resik-resik sungai ini.

Dua sungai utama yang menjadi lokasi kegiatan yaitu Sungai Sinir dan Sungai Buntung, yang berada di sepanjang sekitar Terminal Bungurasih sampai Pasar Waru, Sidoarjo. Serta, Sungai Waru Pesantren yang juga berada di wilayah Sidoarjo.

Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa, menyambut baik dan menyampaikan apresiasi pada semua pihak yang sudah terlibat langsung dan bekerjasama dengan Pemprov Jatim dalam rangka gerakan resik-resik sungai. Terlebih, hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk mengembalikan fungsi asli sungai sebagai tempat aliran air.

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang sudah mendukung gerakan resik-resik sungai yang digagas oleh Pemprov Jatim. Ini sungguh suatu kegiatan bersama yang Insya Allah besar manfaatnya," kata Gubernur Jatim Indar Parawansa saat ditemui di Surabaya, Selasa (21/1).

Secara khusus, apresiasi tersebut juga diberikan Gubernur atas keterlibatan TNI AL dan Brigif Marinir yang telah mengerahkan kendaraan khusus yang dimiliki dalam aksi resik-resik sungai ini. Sehingga, bisa mempermudah penerikan sampah yang menyumbat di sekitar bantaran sungai.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO