Rabu, 04 Agustus 2021 12:33

Harga Minyak Goreng Naik, Wagub Jatim Kunjungi PT. Wilmar

Selasa, 21 Januari 2020 16:23 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Harga Minyak Goreng Naik, Wagub Jatim Kunjungi PT. Wilmar
Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak saat dialog dengan jajaran Direksi PT. Wilmar Nabati Indonesia. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAOLINE.com - Wagub Jatim, Emil Elistianto Dardak berkunjung ke PT. Wilmar Nabati Indonesia di Jalan Kapten Darmo Sugondo, Kelurahan Indro, Kecamatan Kebomas, Selasa (21/1).

Kunjungan kerja orang nomor dua di Pemprov Jawa Timur ini untuk memastikan produksi dan stok minyak goreng (migor) yang diproduksi oleh PT. Wilmar Nabati Indonesia cukup untuk dipasarkan.

Hal ini lantaran belakangan ini muncul keluhan dari masyarakat terkait kenaikan harga migor. Kenaikan harga minyak goreng ini diduga imbas naiknya harga bahan baku.

Wagub mengungkapkan kenaikan harga minyak goreng sekitar Rp 300-550 per kilogram belakangan ini bukan karena minimnya pasokan, melainkan akibat naiknya harga bahan baku minyak sawit kasar atau Crude Palm Oil (CPO).

BACA JUGA : 

Wagub Emil: Kita Harus Sangat Hati-hati Membuka Kegiatan Ekonomi, Jangan Sampai Melonjak Lagi

Fraksi Partai Demokrat Salurkan Program Sembako Peduli di Seluruh Jatim

Simpang Siur Info Syarat Vaksin untuk Bansos, Wagub Emil Terjun ke Lokasi Penyaluran

Bantu Produk Tembus Pasar Internasional, Gubernur Khofifah Launching Rumah Kurasi di Kota Kediri

"Memang ada penyesuaian harga karena ada kenaikan CPO. Memang sesuatu hal yang lumrah akibat kenaikan harga tender CPO mendorong menaikkan harga produksi," ungkapnya.

Dia berjanji akan mengecek harga di tingkat distributor dan konsumen untuk memastikan tidak ada permainan spekulan.

Menurut Wagub, seharusnya harga di pasaran menyesuaikan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah, yakni Rp 11 ribu per kilogramnya demi stabilitas laju inflasi. "Kita juga ingin melihat dampak di tingkat konsumen terhadap dampak belanja rumah tangga untuk menekan inflasi," jelasnya.

Namun jika harga migor terlampau tinggi, pihaknya melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan melakukan operasi pasar untuk mengoreksi harga. "Kita lihat dulu matematikanya untuk mengoreksi pasar jika harganya tidak proporsional. Maka, para pedagang harus siap jika pemerintah melakukan operasi pasar dengan harga migor lebih murah," katanya.

Emil juga mengatakan, bahwa Pemprov Jatim telah menggandeng Satgas Pangan Polda Jatim untuk mengantisipasi adanya tengkulak nakal yang memanfaatkan naiknya harga migor. "Ini saya juga ajak teman-teman Satgas Pangan dari Polda Jatim, " terangnya.

Pada kesempatan ini, Wagub menyatakan kunjungan kerjanya selain untuk memastikan produksi dan stok minyak goreng, juga untuk melihat secara langsung cara pengolahan kelapa sawit menjadi berbagai produk minyak dan produk lain. "Saya berkunjung ke Wilmar juga untuk mengetahui kelapa sawit yang diolah dengan berbagai produk minyak goreng," tegas wagub.

Selama berkunjung di Wilmar, wagub juga melihat proses produksi migor di perusahaan minyak goreng terbesar di Indonesia Timur ini. (hud/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...