Jelang Imlek, Puluhan Patung Dewa di Probolinggo Dimandikan

Jelang Imlek, Puluhan Patung Dewa di Probolinggo Dimandikan Pengurus Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD) Kota Probolinggo saat memandikan puluhan patung Dewa.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Puluhan patung Dewa di Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD) Kota Probolinggo dimandikan. Pemandian terhadap para patung Dewa ini dalam rangka menjelang perayaan hari Imlek pada 24 Januari 2020 mendatang.

“Menjelang Imlek semua patung Dewa dibersihkan,” ujar Ketua II TITD Kota Probolinggo, Ervan Sutjianto kepada wartawan, Sabtu (18/1).

Di TITD, ada sebanyak 40 patung dengan 10 Dewa yang dibersihkan. Untuk membersihkan itu, tidak semua orang bisa melakukannya.

“Sebelum membersihkan patung Dewa, orang itu harus menjalani vegatarian dulu selama satu minggu. Jadi harus bersih,” kata dia.

Setelah dibersihkan, patung-patung itu kemudian ditaruh di altar. Selama berada altar, patung-patung Dewa itu tidak boleh disentuh oleh siapa pun.

Ervan menjelaskan, meskipun gedung TITD masih dalam proses rehabilitasi pasca kebakaran beberapa waktu lalu, namun umat Budha di Kota Probolinggo tetap melaksanakan perayaan Imlek.

“Di Probolinggo ada sekitar 500 orang yang tercatat sebagai umat Budha. Angka itu masih belum tercatat secara keseluruhan,” pungkasnya. (prb1/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO