Senin, 24 Februari 2020 18:37

Keluarkan Bau Busuk, Kandang Bebek Tanpa Izin Dikeluhkan Warga Blandungan Bangkalan

Kamis, 16 Januari 2020 23:54 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fauzi
Keluarkan Bau Busuk, Kandang Bebek Tanpa Izin Dikeluhkan Warga Blandungan Bangkalan
Kondisi kandang bebek yang ada di tengah-tengah permukiman warga di Kampung Blandungan, Desa Martajasah, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kampung Blandungan, Desa Martajasah, Kecamatan Bangkalan merasa keberatannya dengan adanya kandang bebek yang ada di tengah-tengah permukiman warga. Pasalnya, kandang itu menimbulkan bau busuk.

Hasil pantauan BANGSAONLINE.com di lokasi bahwa kandang bebek tersebut betul-betul ada di tengah permukiman padat penduduk. Kandang tersebut dikelilingi oleh rumah warga.

Bahkan, bau busuk kandang dan kotoran bebek sangat menyengat walaupun radius 20 meter.

"Jika hujan turun, maka kotoran bebek meluap ke halaman saya, malah dibuat main sama anak saya. Maklum, anak kecil tidak tahu risiko penyakitnya," jelas salah satu warga yang rumahnya pas di sebelah kandang bebek tersebut, Kamis (16/1).

Ia mengungkapkan, saat ini sudah ada satu keluarga 6 orang yang sakit bersamaan, yaitu 3 janda, 2 anak, dan 1 bapak. Sakitnya panas dingin akibat baunya dari kotoran bebek tersebut.

"Karena di kampung, tidak mau dibawa ke dokter. Dia sakit akibat baunya kotoran yang menyengat, bisa saja kekebalan tubuhnya dia tidak tahan," ucapnya seraya mewanti-wanti agar namanya tak dipublikasikan.

Menurut pengakuan masyarakat setempat, pemilik kandang tersebut tidak pernah meminta izin ke warga sebelumnya.

Sementara Kepala Dinas Perizinan dalam hal ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ainur Gufron saat dikonfirmasi mengatakan bahwa selama ini belum ada izin terkait pendirian kandang bebek Kampung Blandungan Desa Martajasah.

Kabid Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Bangkalan Erick Yadi Santoso berjanji pihaknya bersama Satpol PP akan cek keberadaan kandang tersebut ke lapangan, Jumat (17/1) hari ini.

"Untuk memastikan bahwa kandang itu ada. Selain itu untuk agar yang memiliki kandang tersebut dapat mengurus izinnya," ungkapnya.

Kepala Satpol PP Gun Sintara mengaku siap melaksanakan penertiban sesuai aturan yang ada, jika memang tidak ada izin.

Sementara Kepala Desa atau klebun Martajasah belum bisa ditemui untuk konfirmasi masalah tersebut. Saat didatangi di kediamannya, yang bersangkutan sedang keluar rumah. (uzi/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...