Senin, 24 Februari 2020 18:33

Berlangsung 11 Hari, Panselda Pamekasan Umumkan Jadwal Tes SKD CPNS Tahun 2019

Selasa, 14 Januari 2020 20:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yeyen
Berlangsung 11 Hari, Panselda Pamekasan Umumkan Jadwal Tes SKD CPNS Tahun 2019
Suharto, Kabid Data, Pengadaan, dan Pembinaan Aparatur, BKPSDM Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Jadwal Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 untuk kabupaten Pamekasan akan dilaksanakan selama 11 hari, dari tanggal 15 Februari sampai dengan 26 Februari 2020.

Pengumuman resmi tersebut dikeluarkan oleh Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Kabupaten Pamekasan.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Data, Pengadaan, dan Pembinaan Aparatur, BKPSDM Pamekasan, Suharto, pelaksanaan tes SKD CPNS 2019 dilakukan di Aula CAT BKPSDM Pamekasan, Jalan Bonorogo, no. 80.

Setiap harinya akan ada pembagian sesi tes. Untuk pembagian sesi tes ini, jumlah peserta tes SKD CPNS 2019 tidak akan sama. "Setiap hari akan dibagi menjadi lima sesi tes. Setiap sesi akan diikuti 100 peserta. Jadi setiap harinya akan ada 500 peserta yang akan mengikuti tes SKD," kata Suharto saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/01/20).

Namun, khusus hari pertama, tes SKD CPNS 2019 akan dimulai dengan empat sesi saja. "Jadi hanya 400 peserta di hari pertama yang akan ikut tes SKD, karena di hari pertama itu kan berbarengan dengan pembukaan seremonial. Dan khusus hari jumat juga ada empat sesi, karena ada jeda sholat Jum'at," ungkapnya.

Nantinya, setiap peserta tes SKD CPNS 2019 khusus wilayah Pamekasan akan diundang dan harus hadir satu jam sebelum tes dimulai. Adapun jadwal tes sesi pertama akan dimulai pukul 08.00 WIB.

"Karena setiap peserta itu masih wajib melakukan registrasi dan pengecekan kehadiran sebelum masuk ruang tes. Jadi pelamar harus hadir satu jam sebelum tes akan dimulai," jelasnya.

Suharto melanjutkan, per sesi tes, setiap peserta hanya diberi waktu 90 menit saja untuk menyelesaikan berbagai tes, yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Selain hal tersebut, kata Suharto, ada persiapan yang wajib dibawa oleh setiap perseta tes SKD CPNS 2019, di antaranya, KTP asli dan Kartu Peserta Tes yang sudah dicetak. "KTP asli itu untuk melihat dan mencocokkan NIK peserta sebelum masuk ke ruangan tes," ucapnya.

Tidak hanya itu, Suharto juga mengutarakan, setiap peserta tes wajib memakai seragam putih hitam. Peraturan seragam tersebut, berlaku bagi peserta laki-laki dan perempuan.

"Bagi perempuan yang muslim wajib berhijab. Untuk yang non muslim tidak masalah," ungkapnya.

Lebih lanjut, Suharto memastikan, semua peserta akan diberi pensil dan kertas khusus oleh Panselda sebelum masuk ruang tes. Pensil dan kertas itu bisa dipergunakan untuk hitungan saat mengerjakan soal matematika dan semacamnya.

"Kami dari panitia Paselda sudah menyediakan pensil sama kertas buat hitungan, jadi peserta tidak boleh bawa barang lain-lain, kecuali KTP asli dan Kartu Peserta tes yang sudah dicetak," pungkasnya. (yen/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...