Selasa, 25 Februari 2020 18:21

Ketua AKD Gresik: Pengangguran Problem Kronis yang Harus Diatasi

Senin, 13 Januari 2020 10:23 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Syuhud
Ketua AKD Gresik: Pengangguran Problem Kronis yang Harus Diatasi
Nurul Yatim, Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Gresik.

GRESIK,BANGSAONLINE.com - Kasus bunuh diri yang dilakukan oleh Fuad Thofi Ihksan (23), warga Desa Abar-abir, Kecamatan Bungah, mengundang keprihatinan Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Gresik. Sebab, korban diduga nekat melompat ke sungai Bengawan Solo dari Jembatan Sembayat lantaran depresi tak kunjung mendapatkan kerja.

Ketua AKD Kabupaten Gresik, Nurul Yatim menilai pengangguran masuk ketegori masalah kronis di Kabupaten Gresik karena bertahun-tahun tak ada eksekusi konkret untuk mengatasinya.

"Dalam laporan kepala desa (Kades), bahwa pengangguran terjadi menyeluruh dan menjadi problem semua kepala desa. Berdasarkan data yang didapatkan AKD, pengangguran terbuka pada tahun 2018 saja masih tembus di angaka 38.161 orang yang didominasi usia produktif. Pengangguran ini dipastikan akan terus naik karena banyaknya persoalan hubungan industrial, separti putusan hubungan kerja (PHK)," ujar Nurul Yatim kepada BANGSAONLINE.com, Senin (13/1).

Nurul Yatim mengungkapkan akibat sulitnya mencari pekerjaan, banyak warga Kabupaten Gresik yang akhirnya bekerja sebagai TKI.

Menurutnya, meningkatnya angka pengangguran juga disebabkan lantaran lulusan S1, SMK, SMA tidak bisa mengakses perusahaan-perusahaan di Gresik.

"Juga banyak kami temui masyarakat tak mampu sekolah hanya lulusan SMP alias tidak mempunyai skill sehingga tidak bisa mendapat pekerjaan. Fakta ini yang akan mengakibatkan terjadinya penumpukan pencari kerja, sehingga pengangguran makin menumpuk. Hal Ini akan menjadi problem sosial bagi pemerintahan desa (pemdes)," jelas Kades Baron Kecamatan Dukun ini.

"Makanya, kami mendesak Pemkab secepatnya bangun infrastruktur untuk mengantisipasi dampak lonjakan pengangguran," katanya.

"Terlebih, tingginya pertumbuhan penduduk di Kabupaten Gresik 1,7 persen di atas nasional 1,4 persen dan jauh dari target RPJMD juga akan berpengaruh besar terhadap kebutuhan lapangan pekerjaan," pungkasnya. (hud/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...