​AKI di Kota Kediri Tahun 2019 Berhasil Ditekan Hingga Nol

​AKI di Kota Kediri Tahun 2019 Berhasil Ditekan Hingga Nol Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat membuka Muscab IBI Kota Kediri, dengan menabuh gong. foto: ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Angka Kematian Ibu (AKI) di tahun 2019 berhasil ditekan hingga nol. Sebelumnya, di tahun 2018 AKI di berjumlah empat. Keberhasilan itu diraih berkat kolaborasi antara TP PKK , Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kediri, dan seluruh pihak terkait.

Demikian disampaikan oleh Wali Abdullah Abu Bakar, saat menghadiri dan sekaligus membuka Muscab VII yang digelar IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Cabang , di Graha IIK , Minggu (12/1).

Melalui Muscab ini, Abdullah Abu Bakar juga mengajak IBI berkolaborasi meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan menekan stuntingdan turut mengoptimalkan posyandu.

"Masalah stunting ini juga terus dibicarakan oleh Bapak Presiden. Pun Bapak Presiden juga menginginkan sumber daya manusia kita tinggi. Tentu itu menjadi tugas kita bersama. Insha Allah semua di sudah berkolaborasi untuk hal itu," ujar Mas Abu, sapaan Wali ini.

Mas Abu meminta agar bidan-bidan terjun langsung untuk memberikan edukasi kepada ibu-ibu yang membawa anaknya ke posyandu. Karena anak-anak yang datang ke posyandu adalah anak yang berada di masa golden age. Tentu harus diberikan asupan gizi yang baik agar menjadi generasi emas ke depannya. 

"Di ada 595 bidan dan kita punya 364 posyandu. Ibu-ibu bidan bisa turun langsung ke posyandu. Nanti saya juga minta Dinkes, karena di sini banyak sekolah kesehatan agar mahasiswanya turun ke posyandu-posyandu," terang Mas Abu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO