​Pertahankan Ikon Kota, Polres Probolinggo Kota Tanam 500 Bibit Mangga Manalagi

​Pertahankan Ikon Kota, Polres Probolinggo Kota Tanam 500 Bibit Mangga Manalagi Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya didampingi Wali Kota Habib Hadi saat tanam pohon bibit mangga manalagi.

KOTA PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya S.I.K., S.H., M.H. melakukan penanaman pohon dalam rangka Polri Peduli penghijauan dan mendukung program Pemerintah Kota Probolinggo Satu Rumah Satu Pohon, di , Jumat (10/01) pagi.

Ada sekitar 500 bibit mangga manalagi yang disebar di lingkungan Mapolres Probolinggo Kota. Untuk gerakan awal, satu rumah diwajibkan menanam satu pohon mangga manalagi.

Kapolres juga mengatakan bahwa kegiatan ini serentak dilaksanakan di jajaran Polri, terutama untuk lahan yang tandus. Namun, di sini ia menyesuaikan dengan ikon Kota Probolinggo, yaitu pohon mangga manalagi agar ke depan bisa berkembang dan bisa bermanfaat untuk perekonomian warga.

“Mangga manalagi ini manfaatnya luar biasa. Selain produksi oksigennya, mangga manalagi juga punya manfaat ekonomis,” ujar AKBP Ambariyadi Wijaya.

Kapolres juga memberikan instruksi kepada polsek jajaran agar turut melakukan penanaman di sekitar mako maupun di wilayahnya. "Jika tanaman buah, bisa dimanfaatkan buahnya. Dengan penghijauan kita bisa terhindar dari bahaya banjir, tanah longsor/erosi. Intinya, jika kita sayangi alam kita, maka alam pun akan sayang kepada kita. Oleh karena itu mari hijaukan lingkungan kita," tutur Ambar, sapaan kapolres.

Berdasarkan data Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, populasi mangga secara keseluruhan di Kota Probolinggo mengalami penurunan dalam dua tahun terakhir. Pada 2018 tercatat ada 49.590 pohon mangga. Jumlah tersebut mengalami penurunan sebanyak 61 pohon pada 2019. Per tanggal 31 Desember 2019, jumlah pohon mangga menjadi 49.529.

Melalui program penanaman pohon yang digagas kapolri, berupaya untuk mengembalikan populasi mangga manalagi. Penanaman ratusan mangga itu pun melibatkan jajaran Forpimda. Seperti Kodim 0820, Pemkot Probolinggo, Yon Zipur 10 dan Bhayangkari Cabang Kota Probolinggo. (ndi/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO