Kamis, 02 April 2020 15:56

Cegah Bencana Alam, Jombang Tanam Ribuan Pohon

Kamis, 02 Januari 2020 16:12 WIB
Editor: Yudi Arianto
Cegah Bencana Alam, Jombang Tanam Ribuan Pohon
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat menyerahkan bibit pohon secara simbolis untuk ditanam.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Mencegah terjadinya bencana alam, Kabupaten Jombang melakukan giat gerakan menanam pohon. Hal ini juga dimaksud untuk memberikan contoh pada masyarakat.

Sedikitnya ada 1.999 pohon yang ditanam oleh empat instansi Pemerintah yang berada di Jombang, di antaranya, Pemkab, Kodim 0814, Satuan Radar 222, serta Polres Jombang. Rencananya ribuan pohon tersebut akan ditanam di sekitaran lingkungan kantor-kantor Pemerintahan dan juga di tempat rawan bencana, Kamis 02/01/20.

Gerakan tanam pohon ini dihadiri oleh, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Wabup Sumrambah, Sekda Achmad Jazuli, Dandim 0814, Dansatradar 222, Kapolres Jombang AKBP Boby Pa'ludin Tambunan, serta Forkopimda.

Bupati Mundjidah menuturkan, kegiatan gerakan tanam pohon ini bertujuan untuk mencegah terjadinya bencana alam di wilayahnya. Sebab terlihat di daerah pengunungan banyak yang sudah gundul.

“Dengan adanya penanaman pohon ini, kita sudah mengurangi untuk bencana longsor dan banjir. Apalagi di lahan-lahan yang berada di lereng gunung yang sudah sangat kritis karena hutannya sudah gundul,” ucapnya usai mengikuti penanaman pohon di kantor Satlantas Jombang.

“Namun, penanaman pohon nanti disesuaikan, mana yang bisa untuk buah, mana pohon yang bisa untuk menahan air. Tadi sebanyak seribu pohon dari Pemkab sudah kami serahkan ke Polres,” imbuhnya.

Sementara, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan mengatakan, tanam pohon ini sebagai wujud kepedulian terhadap keberlangsungan kelestarian lingkungan. Sebab jika tidak diantisipasi sejak dini, lingkungan akan membawa bencana bagi kehidupan.

Ancaman bencana tersebut, meliputi banjir, tanah longsor, kekeringan, angin kencang, serta kebakaran hutan dan lahan. Salah satu pemicunya yakni cuaca ekstrem akibat pemanasan global yang saat ini terjadi.

(Kapolres Jombang AKBP Boby Pa'ludin Tambunan tanam pohon di kantor Satlantas)

“Dengan kita menanam pohon, akan mencegah serta mengurangi terjadinya bencana alam sejak dini. Juga bisa sebagai pencegahan kerusakan iklim akibat pemanasan global,” terangnya.

"Kita berharap, lima sampai sepuluh tahun ke depan akan melihat pohon yang ditanam akan tumbuh besar dan bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini juga sebagai kontribusi kita untuk masa depan. Kita tahu, dengan menanam pohon dampaknya akan sangat positif buat kehidupan di masa yang akan datang. Nanti kita juga menyalurkan pohon-pohon ini ke seluruh Polsek jajaran," pungkasnya. (jbg1/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...