Dua Ruko di Pasar Lodoyo, Blitar Terbakar

Dua Ruko di Pasar Lodoyo, Blitar Terbakar Api tampak melahap dua ruko di Pasar Lodoyo, Blitar.

BLITAR, BANGSAONINE.com - Dua bangunan ruko di area Pasar Lodoyo, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar terbakar. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, Jumat (27/12/2019).

Kedua bangunan itu merupakan milik Yati Pawiro (77) warga Jalan Raya Utara Lingkungan Brubuh RT 1 RW 1 Kelurahan Kalipang Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Satu bangunan ruko digunakan Yati untuk berjualan perabot rumah tangga. Sedangkan ruko lainya disewa oleh Eva Flora (39) warga Sidoarjo untuk berjualan aksesoris handphone.

Kronologis kebakaran berawal saat tetangga toko naik ke atas loteng dengan maksud akan memandikan burung peliharaannya. Pada saat berada di atas loteng tersebut, saksi melihat kamar milik Yati Pawiro sudah dalam keadaan terbakar. Mengetahui hal tersebut, saksi langsung turun dan berlari menuju arah sumber api dan memberitahu pemilik toko sambil berusaha membuka pintu gudang.

"Karena besarnya kobaran api, saksi dan warga sekitar tidak bisa memadamkannya. Untuk meminimalisir kerugian, saksi dan warga berusaha mengeluarkan barang-barang yang masih bisa diselamatkan," terang Kapolsek Lodoyo Timur AKP Imam Subechi.

Sambil memyelamatkan barang-barang, warga kemudian menghubungi pemadam kebakaran. Warga sempat mencoba memadamkan api dengan alat seadanya, namun amukan si jago merah terlanjur tak bisa dihentikan hingga pemadam kebakaran Pemkab Blitar tiba di lokasi kejadian.

"Api diperkirakan berasal dari korsleting listrik yang berada di atas kamar yang berisi kapuk. Karena barang-barang yang berada di gudang terdiri dari barang yang mudah terbakar serta bangunan tua sehingga api dengan cepat membakar habis isi gudang dan rumah yang ada," imbuh dia.

Akibat kebakaran ini, kerugian dari pemilik bangunan Yati Pawiro diperkirakan mencapai Rp. 250.000.000. Sementara penyewa ruko Eva Flora diperkirakan mengalami sebesar Rp.100.000.000 karena barang daganganya hangus terbakar. (ina/ns)

(Polisi menyelidiki penyebab kebakaran)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasar Johar Relokasi Kota Semarang Kebakaran, Mobil Damkar Disuruh Terbang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO