Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Jadikan Gerhana Momen Edukasi dan Literasi Ilmu Astronomi

Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Jadikan Gerhana Momen Edukasi dan Literasi Ilmu Astronomi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat salat gerhana matahari di Masjid Akbar Surabaya, Kamis (26/12/2019) siang . foto: istimewa/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim Indar Parawansa dan ribuan warga masyarakat Jawa Timur bersama-sama mendirikan shalat gerhana di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya saat terjadi fenomena cincin, Kamis (26/12) siang.

Gubernur mengajak agar momen terjadinya cincin yang melintas di Jawa Timur dijadikan sebagai refleksi dan tadabur akan kuasa Allah SWT.

Sebagaimana diketahui, cincin dapat diamati di sejumlah wilayah di Indonesia. Termasuk Jawa Timur yang turut bisa mengamati cincin sejak pukul 09.30 WIB hingga pukul 14.00 WIB siang.

Oleh sebab itu, momen cincin ini dimanfaatkan Pemprov Jatim melalui Masjid Nasional Al Akbar berkerja sama dengan PW Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PW LFNU Jatim) sebagai momentum pembelajaran ilmu astronomi pada masyarakat.

Ada sebanyak 9 teleskop atau teropong dan sebanyak 99 kacamata khusus melihat gerhana yang disediakan di halaman utama Masjid Nasional Al Akbar bagi masyarakat untuk mengamati cincin.

Tidak hanya itu, tiga layar lebar dan videotron untuk relay pergerakan cincin secara realtime juga tersedia bagi masyarakat. Bahkan tak sedikit yang memanfaatkan layar-layar tersebut sebagai latar belakang untuk berswafoto.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO