Lihat Gerhana Matahari Cincin, Warga Probolinggo Gunakan Sarana Air

Lihat Gerhana Matahari Cincin, Warga Probolinggo Gunakan Sarana Air Sejumlah warga Kota Probolinggo melihat Gerhana Matahari Cincin menggunakan air dan kaca.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Fenomena matahari cincin (GMC) yang jatuh pada Kamis (26/12), membuat sebagian warga takut untuk melihat secara langsung. Untuk menyaksikan fenomena GMC tersebut, warga menggunakan alat sarana.

Seperti yang dilakukan sebagian warga Kota . Mereka menggunakan sarana air dan kaca yang ditaruh di dalam timba untuk melihat matahari.

"Kalau melihat langsung katanya bisa buta," ujar Ina (19) kepada wartawan.

Saat melihat matahari dalam air itu, awan sempat mendung sebentar. "Matahari sempat tertutup oleh awan. Namun prosesnya hanya sebentar saja," katanya.

Dia mengaku saat menyaksikannya lewat media air, belum terlihat matahari cincinnya. Hal senada juga diakui Mince. Dia mengaku tidak berani melihat matahari secara langsung.

Sekadar diketahui, Gerhana Matahari Cincin (GMC) hanya terjadi sekitar 1-2 tahun sekali. Terakhir kali GMC terjadi pada 26 Februari 2017 lalu. Dalam enam tahun ke depan, GMC diprediksi baru akan terjadi pada 26 Desember 2019, 21 Juni 2020, 10 Juni 2021, 14 Oktober 2023, dan 2 Oktober 2024. (prb1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO