Atasi Kelangkaan, Mbah Tarom Dorong BUMDes jadi Penyedia Pupuk

Atasi Kelangkaan, Mbah Tarom Dorong BUMDes jadi Penyedia Pupuk Anggota DPR RI Fraksi PKB Muhtarom, saat menggelar reses di Kecamatan Kebonsari.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jawa Timur VIII, Muhtarom, pada masa reses ini menyapa para petani se-Kecamatan Kebonsari guna menampung aspirasi, Selasa (23/12) malam.

Mantan orang nomor satu Kabupaten Madiun yang sering dipanggil Mbah Tarom itu menyatakan akan memperjuangkan ketersediaan pupuk dengan memfungsikan BUMDes.

"Kelangkaan pupuk salah satu sebab ada ketimpangan stok pupuk antar wilayah, satu kelebihan, wilayah lainnya kekurangan, karena belum merata keberadaan kios pupuk," terang politikus PKB ini.

Untuk itu, ia akan mendorong pemerintah memajukan BUMDes dengan memfungsikannya sebagai kios pupuk. "Untuk mengatasi kelangkaan pupuk, juga memajukan usaha BUMDes, maka DPR mendorong pemerintah untuk memfungsikan BUMDes sebagai kios-kios pupuk untuk mencukupi kebutuhan petani," lanjutnya.

Mbah Tarom berharap kebijakan ini mampu mengatasi terjadinya kelangkaan pupuk bagi petani, juga memberikan peluang usaha baru bagi BUMDes. "Untuk pilot project, minimal 1 BUMDes per kecamatan," pungkas Mbah Tarom.

Acara sosialisasi yang dikemas dalam kegiatan reses tersebut dihadiri sekitar 50 petani dari berbagai desa se-Kecamatan Kebonsari. Selain masalah pupuk, masalah peternakan dan perikanan juga disampaikan dalam kesempatan itu. (hen/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO