​Gamal Albinsaid Jadi Wali Kota, BPJS Kesehatan Kelas 3 Mandiri Dibayari

​Gamal Albinsaid Jadi Wali Kota, BPJS Kesehatan Kelas 3 Mandiri Dibayari Gamal Albinsaid (kiri) dalam satu kegiatan di Surabaya, beberapa waktu yang lalu. Foto : dok

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kandidat Wali Kota Surabaya, Gamal Albinsaid kembali menawarkan programnya untuk Kota Surabaya pasca kepemimpinan Wali Kota Tri Rismaharini.

Setelah menawarkan Impact, program pemberdayaan pengangguran agar bisa berwirausaha, kali ini Gamal menawarkan " Kelas 3 Mandiri Dibayari".

Gagasan ini terinspirasi saat Gamal bertemu Nafiah, seorang ibu berusia 57 tahun di pinggiran Kota Surabaya yang menderita kanker darah sejak Juni 2019, Sabtu (21/12) lalu.

"Beliau berharap saya bisa menghadirkan bantuan untuk pembiayaan kesehatan," kata Gamal kepada wartawan di Surabaya, Senin (23/12) petang.

Ibu Nafiah, menurut Gamal, adalah satu di antara banyak warga yang membutuhkan bantuan pembiayaan kesehatan.

"Selama berkeliling Surabaya untuk mendengarkan masalah dan harapan warga, banyak sekali warga yang mengeluhkan iuran dan kenaikannya," ucap Gamal.

Merujuk hasil sebuah penelitian, lanjut Gamal, kemampuan warga untuk membayar (ability to pay) iuran adalah Rp 16.571, sedangkan kemauannya (willingness to pay) adalah Rp 12.485.

Karena itu, iuran kelas 3 sebesar Rp 25.500 dan kenaikannya menjadi Rp 42 ribu di atas kemampuan dan kemauan masyarakat.

"Hari ini kita saksikan, banyak warga berbondong-bondong ke kantor untuk turun kelas," katanya.

"Rakyat yang tidak miskin, bukan berarti dia mampu membayar iuran . Tapi yang hadir untuk meringankan warga, iurannya mulai terasa membebani warga," imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO