​Bupati Tuban Minta Petani Terus Berinovasi

​Bupati Tuban Minta Petani Terus Berinovasi Bupati Tuban, H Fathul Huda didampingi Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Murtadji.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bupati H Fathul Huda meminta kepada petani di Kabupaten Tuban agar terus belajar dan berinovatif dalam mengoptimalkan hasil pertanian.

Hal itu perlu dilakukan supaya lahan pertanian dapat ditumbuhi dengan berbagai macam tanaman. Sehingga, hasil pertanian dapat beragam dan tidak monoton.

"Petani sebaiknya terus meningkatkan kompetensi diri dengan cara terus belajar dan berinovasi," terang Bupati Huda saat panen raya melon berbagai jenis dan bentuk di Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu, Jum'at (20/12).

Kata dia, ke depan petani juga harus memiliki jiwa entrepreneurship atau kewirausahawan. Pasalnya, pada era 4.0 persaingan semakin ketat. Sehingga, hal ini perlu dilakukan petani agar bisa bertahan diera serba maju seperti sekarang ini.

"Misal seperti melon ini, kalau dulu bentuknya bulat, dan sekarang sudah berbagai macam. Ada yang berbentuk hati, kotak, maupun bentuk lainnya. Ini inovasi yang sungguh luar biasa," ujar bupati dua periode ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, H Murtadji menuturkan, melon yang dipetik berbentuk kotak, hati, dan bulat ini merupakan hasil kegiatan demplot tanaman melon varietas langkawi. Yakni, dengan mengadopsi metode drip pada sistem pengairan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO