​Dirjen Kementerian Perindustrian Kunjungi IKM Cangkul Kota Pasuruan

​Dirjen Kementerian Perindustrian Kunjungi IKM Cangkul Kota Pasuruan Gati Wibawaningsih didampingi Sekda Kota Pasuruan Bahrul Ulum.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Direktur Jenderal Gati Wibawaningsih mengunjungi Industri Kecil dan Menengah, yakni logam pembuatan cangkul di wilayah Kota Pasuruan. 

Dia berkeyakinan bahwa cangkul nasional mampu memenuhi kebutuhan cangkul di dalam negeri. Salah satunya yakni dengan menindaklanjuti perjanjian kerja sama antara PT Indobaja Primamurni (IBPM) dengan Koperasi Industri Logam, produsen cangkul di Kabupaten Sidoarjo dan Kota Pasuruan.

“Kesuksesan suatu industri saat ini dapat dicapai dengan kolaborasi dengan berbagai pihak. Kemitraan dengan industri besar adalah salah satu kolaborasi yang dapat dilakukan oleh industri kecil dan menengah," ujar Gati Wibawaningsih kepada awak media di kantor UPT Industri Logam di Ngemplakrejo, Panggung, Kota Pasuruan, Rabu (18/12).

Gati meyakini, perjanjian kerja sama antara PT Indobaja Primamurni dengan Koperasi Logam di Kabupaten Sidoarjo dan Kota Pasuruan memiliki dampak positif yang berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan daya saing industri dalam negeri khususnya .

“Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini telah ditandatangani pada tanggal 27 September 2019, berbarengan dengan peresmian produk cangkul merk "Barong" yang diproduksi oleh PT. IBPM di Gresik. Cangkul Barong merupakan cangkul yang terbuat dari material special grade spring (SUP 9) dengan kapasitas produksi 132.000 pcs per bulan dan akan meningkat terus sesuai dengan permintaan pasar,” terang Gati.

Dia juga menjelaskan, sebagai tindak lanjut dari PKS tersebut, pada tanggal 27 Nopember 2019, telah dilakukan pengiriman produk cangkul setengah jadi PT. IBPM ke Cangkul di Kota Pasuruan melalui Koperasi Logam Jaya Abadi (Koperasi LJA) sebanyak 432 pcs dari 1.000 pcs yang dipesan.

Selanjutnya dilakukan pengerjaan cangkul oleh 10 anggota Koperasi LJA, sehingga telah tersedia sebanyak 200 pcs cangkul yang telah difinishing dan siap untuk dipasarkan. Pada 16 Desember 2019 telah dikirim sisa pesanan sebanyak 568 pcs cangkul setengah jadi dari PT. IBPM.

Koperasi LJA saat ini terus berupaya untuk memperbaiki proses produksi agar hasil akhirnya menjadi lebih efisien dan cepat.

Lihat juga video 'Puluhan Buruh Bengkel Mobil di Pasuruan Demo Tuntut THR Dicairkan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO