DPP PAN Keluarkan Rekom Cabup Sumenep Kepada Malik Effendi

DPP PAN Keluarkan Rekom Cabup Sumenep Kepada Malik Effendi

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional () telah mengeluarkan surat rekomendasi Calon Bupati (Cabup) Sumenep, Madura, pada Pilkada 2020, kepada Malik Effendi.

"Saat ini surat rekomendasi dari DPP telah diterima. Isinya, DPP menunjuk Malik Effendi sebagai cabup dalam pesta demokrasi mendatang," tutur Sekretaris DPD Sumenep, Hosaini Adhim, Selasa (17/12/2019) kemarin.

Malik sapaan Malik Effendi merupakan politikus senior di partai besutan Amien Rais tersebut. Ia memulai karirnya sebagai anggota DPRD Sumenep dan terus meroket hingga terpilih sebagai anggota DPRD Jatim dua periode berturut-turut. "Makanya partai mempercayakannya untuk ikut kontestasi di Pilkada 2020 mendatang," ujarnya.

Menurutnya, Malik Effendi memang layak untuk maju, karena kader senior. Sehingga, dipastikan memiliki pengalaman yang cakap dan lugas dalam dunia politik. "Sehingga, mampu memberikan sentuhan untuk kemajuan Sumenep. Tak diragukan kemampuannya," terangnya.

Kata Malik yang mantan anggota DPRD Sumenep ini menuturkan, dalam rekomendasi yang dikeluarkan, Malik Effendi juga diminta untuk melakukan konsolidasi dengan semua DPC dan ranting. Termasuk, juga diperintah untuk mencari partai koalisi. "Dalam rekomendasi itu juga diminta untuk mencari pasangannya sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup),” tuturnya.

Namun, apabila hingga bulan Februari belum menemukan koalisi dan pasangan, maka rekomendasi dikembalikan lagi ke DPP. "Itu juga disampaikan Pak Malik, jika hingga bulan Februari 2020 belum ada kepastian koalisi dan pasangan, maka rekom akan dikembalikan. Itu disampaikan secara tegas oleh Pak Malik. Selanjutnya, terserah DPP nanti mau koalisi dengan siapa pasca dikembalikan," tuturnya.

Namun, Hosaini optimis Malik bisa mencari koalisi karena suara juga dominan. Bahkan, perolehan suaranya di bawah PKB. "Tentu saja dengan perolehan suara yang dominan di Pileg 2019 lalu, menjadi modal politik untuk maju dalam kontestasi politik Pilkada 2020 nanti. Ingat yang mencoblos itu suara di arus bawah," jelasnya.

Penyampaian rekomendasi ini dilakukan dalam rapat internal partai berlambang matahari ini di Kantor . Selain rekomendasi, rapat yang dipimpin Sekretaris DPD Hosaini Adhim juga membentuk tim pemenengan yang dinahkodai Hairul Anwar. (aln/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO