Selain Angin, Pembangunan Trotoar Jadi Penyebab Pohon Tumbang di Bojonegoro

Selain Angin, Pembangunan Trotoar Jadi Penyebab Pohon Tumbang di Bojonegoro Sebuah pohon di trotoar tercerabut hingga akar-akarnya dan roboh menimpa sebuah ruko di Jalan Gajah Mada Bojonegoro.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Adanya proyek pembangunan trotoar di seputaran jalan di Kota Bojonegoro yang belum tuntas menjadi ancaman keselamatan bagi masyarakat, khususnya para pengguna jalan. Apalagi, akhir-akhir ini Kabupaten Bojonegoro kerap dilanda angin kencang dan mengakibatkan pepohonan tumbang.

Ancaman keselamatan bagi pengguna jalan tersebut lantaran dampak penggalian proyek pembangunan trotoar di sejumlah ruas jalan yang tidak memperhatikan aspek lingkungan, yakni dipangkasnya akar pohon penghijauan. Sehingga cengkeraman akar pohon ke tanah berkurang, dan menyebabkan pohon mudah tumbang.

"Dengan adanya proyek pembangunan trotoar saya menghimbau pemkab memperhatikan keselamatan warga khususnya pengguna jalan," ungkap Kamaluddin, aktivis lingkungan Bojonegoro Foundation, Kamis (12/12).

Terakhir kemarin sore (Rabu, 11/12), sebuah pohon terpantau menimpa sebuah ruko di Jalan Gajah Mada Bojonegoro. Selain itu viral video sebuah pohon tumbang melintang di Jalan Gajah Mada.

"Bisa kita lihat video yang sedang viral bagaimana membahayakan pengguna jalan akibat pohon-pohon yang tumbang tersebut. Ini tidak serta-merta karena angin kencang tetapi ada penyebab yakni pembangunan trotoar yang tidak berwawasan lingkungan. Akar pohon dipotong habis akibat pembangunan trotoar," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...