Kamis, 13 Agustus 2020 20:26

Gudang Obat RSUD Ploso Terbakar, Satu Mobil Jenazah Ikut Hangus

Senin, 09 Desember 2019 16:37 WIB
Editor: Revol Afkar
Gudang Obat RSUD Ploso Terbakar, Satu Mobil Jenazah Ikut Hangus
Petugas BPBD Jombang saat melakukan proses pemadaman.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sebuah gudang penyimpanan obat dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ploso, Kabupaten Jombang terbakar, Senin (09/12/19).

Kebakaran tersebut menghanguskan gedung beserta seluruh isinya. Ratusan obat dari berbagai merk dan satu unit mobil ambulans jenazah juga tak luput dari amukan si jago merah.

Peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 12:00 WIB. Menurut keterangan pegawai yang ada di gedung penyimpanan obat, api berasal dari korsleting mesin pendingin (AC) yang ada di dalam ruangan gedung.

Kasubag Tata Usaha RSUD Ploso, Dian Kusuma Rahman memaparkan, gedung yang terbakar merupakan tempat penyimpanan obat serta BMHP. Dugaan sementara dari korsleting AC.

"Ini gedung penyimpanan obat, namun yang berada di sini kebanyakan bahan-bahan medis yang habis dipakai. Sedangkan mobil jenazah ini sudah tidak terpakai dan rencananya akan dilakukan penghapusan," ucapnya.

Untuk pelayanan medis, lanjut Rahman, pihaknya mempunyai dua gedung penyimpanan obat. Dimungkinkan tak akan ada kendala serius dalam pelayanan pasien RSUD.

"Kami mempunyai dua gudang, yang satu ada di belakang pelayanan apotek. Dan masih ada stok obat, serta beberapa obat yang masih belum dikirim/datang, sehingga untuk awal-awal ini masih aman," terangnya.

Ditanya terkait besarnya kerugian, pihak RSUD tak bisa memberikan jawaban pasti. "Waduh ini yang terbakar obat, jadi kira-kira kerugiannya ratusan juta," pungkas Rahman.

Sementara itu, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, yang mendapat laporan segera meluncur ke lokasi kebakaran dengan mengerahkan satu mobil Fire Pumper Truk serta dua mobil supply air.

Saat tiba di lokasi, petugas kemudian berjibaku memadamkan kobaran api agar tak merembet ke gedung lainnya. Terlihat juga beberapa pegawai Rumah Sakit yang mencoba memadamkan api dengan alat seadanya.

Proses pemadaman berjalan cukup lama lantaran banyaknya obat-obatan dengan bahan yang mudah terbakar. Ratusan warga sekitar juga nampak memadati lokasi kebakaran karena ingin melihat.

Tiga jam kemudian api berhasil dijinakkan. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian seluruhnya ditafsir mencapai ratusan juta rupiah. (jbg1/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...