Komitmen Turunkan Stunting, Pemkab Lamongan Gelar JICS

Komitmen Turunkan Stunting, Pemkab Lamongan Gelar JICS Menteri Desa PDTT (Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) Abdul Halim Iskandar didampingi Bupati Fadeli.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com mendeklarasikan komitmennya untuk menurunkan angka stunting. Salah satunya melalui Jambore Inovasi Cegah Stunting (JICS) di Waduk Gondang, Jum'at (6/12).

JICS yang dibuka Mendes PDTT (Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) Abdul Halim Iskandar ini dihadiri ribuan kader pemberdayaan desa. Di antaranya adalah sebanyak 462 Kader Pembangunan Manusia (KPM).

Sebelum membuka JICS, Abdul Halim melaksanakan Salat Jum'at dan dialog bersama tokoh-tokoh Desa Balun, Kecamatan Turi. Balun selama ini disebut sebagai desa Pancasila, karena tingginya toleransi antar umat beragama.

Mendes Abdul Halim mengibaratkan Balun sebagai miniatur Indonesia yang penuh dengan keragaman. Karena itu dia berencana menjadikannya sebagai prototipe wajah Indonesia yang penuh keberagaman.

Bupati Fadeli menjelaskan JICS merupakan salah satu bentuk komitmen untuk turunkan angka stunting. JICS ini sekaligus wujud keberhasilan pemanfaatan dana desa yang disinergikan dengan bidang kesehatan.

Fadeli menjelaskan, dengan melakukan konvergensi penuntasan stunting lintas perangkat daerah bersama pemanfaatan dana desa, penurunan angka stunting di Lamongan signifikan.

"Bersama KPM, kita mampu melakukan deteksi dini anak yang terindikasi stunting. Memiliki data yang akurat by name by address, sehingga bisa segera dilakukan intervensi," ujarnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO