Pemkot Probolinggo Berencana Bangun Rumah Sakit Baru, Lahan Pertanian Mulai Dilirik Investor

Pemkot Probolinggo Berencana Bangun Rumah Sakit Baru, Lahan Pertanian Mulai Dilirik Investor Lahan pertanian di Kota Probolinggo.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Rencana yang akan membangun rumah sakit baru di wilayah Selatan, berdampak terhadap lahan pertanian. Sejumlah lahan pertanian mulai dilirik para investor.

"Mulai sekarang ini sudah banyak investor (Pengembang, red) yang melirik lahan pertanian," ujar seorang petani asal Kelurahan Sumber Wetan, Daroji, Rabu (4/12).

Dengan rencana Pemkot akan membangun rumah sakit baru tersebut, secara otomatis pembangunan infrastruktur di wilayah Selatan semakin meningkat. Sehingga kondisi itu menjadi celah untuk mencari peluang bagi kalangan investor.

"Sekarang saja harga lahan pertanian mulai mahal," katanya.

Daroji menjelaskan, lahan pertanian miliknya yang berada di pinggir jalan banyak ditawar para developer. "Padahal tidak saya jual, tapi mereka berani mahal untuk membelinya," ungkapnya.

Sekadar diketahui, rencana untuk membangun rumah sakit baru di wilayah Selatan, merupakan salah satu visi dan misi Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin saat pilkada tahun lalu.

Niatan itu terwujud. Tim dari Kementerian Kesehatan RI telah meninjau lahan seluas 3,8 hektare yang akan menjadi lokasi pembangunan rumah sakit baru itu beberapa waktu lalu. Pembangunan rumah sakit itu tak hanya menggunakan dana APBD, namun juga dana APBN hingga mencapai puluhan miliar rupiah. (prb1/ndi) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO