Kamis, 23 Januari 2020 02:19

FPD DPRD Gresik Minta DPUTR Blacklist Rekanan Box Culvert

Rabu, 04 Desember 2019 13:47 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Syuhud
FPD DPRD Gresik Minta DPUTR Blacklist Rekanan Box Culvert
Eddy Santoso, Ketua F-PD DPRD Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPRD Gresik mewarning Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik. Sebab, hingga minggu pertama di bulan Desember 2019, sejumlah proyek fisik di bawah naungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis ini banyak yang belum rampung dikerjakan.

"Ini pengerjaan proyek saluran air perkotaan belum ada yang 100 persen rampung. Apa-apaan ini?, " ujar Ketua F-PD Eddy Santoso kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (4/11).

Eddy meragukan komitmen DPUTR bahwa proyek di bawah kendalinya akan rampung tepat waktu. "Saya minta komitmennya dengan DPRD Gresik dipegang. Jangan iya-iya saja, tapi gak bisa merealisasikan," tukas anggota Komisi III ini.

Eddy meminta agar DPUTR benar-benar bisa mempertanggungjawabkan kontrak kerja yang dibuat oleh masing-masing rekanan sebelum proyek dikerjakan. Langkah ini dilakukan agar DPUTR tidak gampang memberikan peluang kepada rekanan yang tak mampu mengerjakan sesuai target.

"DPUTR selaku OPD bertanggungjawab atas proyek saluran perkotaan harus tegas memberikan sanksi kepada pelaksana jika tak bisa menuntaskan pekerjaan tepat waktu," pintanya.

"Saya meminta agar pelaksana proyek di-blacklist jika tak bisa menuntaskan pekerjaan tepat waktu. Sehingga, bisa menjadi contoh rekanan lain agar tak main-main dalam melaksanakan pekerjaan proyek di Kabupaten Gresik," sambungnya.

Eddy mengingatkan, bahwa proyek pengerjaan box culvert di depan RSUD Ibnu Sina tahun lalu juga molor. Hal ini terjadi karena kurang cermatnya DPUTR maupun pelaksana dalam menjadwalkan pelaksanaan kegiatan.

Apalagi, molornya pengerjaan box culvert di depan RSUD Ibnu Sina saat itu sangat mengganggu aktivitas masyarakat. Khususnya, pengguna jalan. Sebab, musim hujan sudah tiba. Sehingga, jalan menjadi becek kena limbah tanah bekas galian.

"Akibatnya, kendaraan lewat di sana kerap macet. Masak kejadian buruk itu tahun ini akan kembali terulang," pungkasnya.(hud/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...