​Khozanah Hidayati Minta Penanganan Permanen pada Tanggul Ambles di Plumpang Tuban

​Khozanah Hidayati Minta Penanganan Permanen pada Tanggul Ambles di Plumpang Tuban Khozanah Hidayati, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi PKB.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Khozanah Hidayati, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi PKB meminta kepada Pemprov Jatim dan pihak BBWS Bengawan Solo agar serius menangani tanggul yang ambles di Desa Sembungrejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten .

Mbak Ana -sapaan akrab Khozanah Hidayati- berharap ada penanganan permanen pada kerusakan tersebut. Sebab dengan kondisi penanganan sementara saat ini, diperkirakan tanggul bisa jebol jika debit air tinggi.

"Memang perbaikan permanen membutuhkan dana besar. Untuk itu, pemprov tetap akan kami dorong membenahi tanggul secara permanen," ujar Khozanah, Senin (2/12).

"Ya seharusnya BBWS harus menangani sampai selesai. Karena jika debet air naik, imbasnya akan berdampak pada pemukiman dan areal persawahan," sambungnya.

Sementara itu, Koordinator Relawan Bencana Kecamatan Plumpang, Puguh menuturkan, saat ini penanganan sementara dilakukan atas swadaya masyarakat dibantu stakeholder, serta pemerintah setempat. Sejauh ini, warga sudah melakukan pengurukan sebanyak 421 rit, BPBD 42 rit, dan pengusahan tambak 7 rit.

Sedangkan, dari BBWS baru membuat bronjong sepanjang 20 meter. Padahal kerusakan sekitar 200 meter. Sehingga, potensi kerawanan masih belum tertangani 100 persen. Untuk itu, ia berharap agar pemerintah, baik pusat, provinsi, dan pemkab agar membuat tanggul permanen.

"Jika dihitung jumlah swadaya masyarakat sudah mencapai Rp 126 juta. Karena satu rit seharga Rp 300 ribu," papar Puguh. (wan/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO