Sabtu, 15 Mei 2021 15:15

BKD Kota Pasuruan Gelar Diklat Akuntansi Berbasis Akrual untuk Bendahara dan Calon Bendahara

Kamis, 28 November 2019 23:01 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
BKD Kota Pasuruan Gelar Diklat Akuntansi Berbasis Akrual untuk Bendahara dan Calon Bendahara
Plt. Wali Kota Pasuruan Teno saat memberikan sambutan dalam pembukaan diklat.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Akuntansi Berbasis Akrual untuk para bendahara baik di OPD maupun yang nanti ditempatkan di kecamatan juga kelurahan.

Pendidikan dan pelatihan tersebut diselenggarakan selama 10 hari, mulai Rabu (27/11) lalu sampai dengan Jumat (6/12) minggu depan. Acara ini secara resmi dibuka oleh Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, S.T. di Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB) MAN 2 Malang Bandung No 7 Malang.

Plt. Wali Kota Pasuruan Teno dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pendidikan dan pelatihan ini merupakan salah satu langkah strategis yang harus dilakukan dalam rangka merespons tuntutan publik terhadap transparasi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan. Melalui pelatihan ini, ia berharap para bendahara mampu meningkatkan kapasitas kompetensi profesionalitas dalam menjalankan peran dan fungsinya. 

BACA JUGA : 

Wali Kota Pasuruan Izinkan Warganya Takbiran dan Mudik Lebaran, Asalkan...

Songsong Digitalisasi UMKM, Wali Kota Pasuruan Luncurkan Aplikasi Si Duta dan Kurma

Bersama TP PKK Kota Pasuruan, Fatma Foundation Salurkan Ribuan Sembako Untuk Tenaga Harian Lepas

Gus Ipul Minta Pemuda Turut Dilibatkan Sebagai Petugas Pemulasaran Jenazah

Sekadar diketahui, bahwa pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara atau setiap daerah berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara, juga Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang perbendaharaan negara yang ditindaklanjuti dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang akuntansi pemerintahan.

"Manfaatkan pendidikan dan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga kembali kepada saudara-saudara yang berkaitan dengan masing-masing kerjanya yang sudah memiliki kemampuan dan segera meningkatkan kinerja dan selalu konsisten dalam tata kelola keuangan yang baik dan benar," ucapnya.

Kepala BKD Kota Pasuruan Drs. H. Mokhamad Faqih, M.Si. menambahkan, bahwa maksud penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam melaksanakan tugas-tugas perbendaharaan.

"Tujuan pendidikan dan pelatihan ini supaya bendahara mampu mengelola keuangan untuk keperluan bekerja dalam rangka pelaksanaan APBD yang sudah ditentukan oleh masing-masing peraturan perundangan," tuturnya.

Nantinya, para peserta pendidikan dan pelatihan akan melaksanakan observasi lapangan selama 3 hari di Pemerintah Kota Yogjakarta pada tanggal 3 Desember sampai dengan 5 Desember 2019. (ard/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa maksud...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...