Selasa, 11 Agustus 2020 16:54

BKD Kota Pasuruan Gelar Diklat Akuntansi Berbasis Akrual untuk Bendahara dan Calon Bendahara

Kamis, 28 November 2019 23:01 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
BKD Kota Pasuruan Gelar Diklat Akuntansi Berbasis Akrual untuk Bendahara dan Calon Bendahara
Plt. Wali Kota Pasuruan Teno saat memberikan sambutan dalam pembukaan diklat.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Akuntansi Berbasis Akrual untuk para bendahara baik di OPD maupun yang nanti ditempatkan di kecamatan juga kelurahan.

Pendidikan dan pelatihan tersebut diselenggarakan selama 10 hari, mulai Rabu (27/11) lalu sampai dengan Jumat (6/12) minggu depan. Acara ini secara resmi dibuka oleh Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, S.T. di Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB) MAN 2 Malang Bandung No 7 Malang.

Plt. Wali Kota Pasuruan Teno dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pendidikan dan pelatihan ini merupakan salah satu langkah strategis yang harus dilakukan dalam rangka merespons tuntutan publik terhadap transparasi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan. Melalui pelatihan ini, ia berharap para bendahara mampu meningkatkan kapasitas kompetensi profesionalitas dalam menjalankan peran dan fungsinya. 

Sekadar diketahui, bahwa pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara atau setiap daerah berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara, juga Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang perbendaharaan negara yang ditindaklanjuti dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang akuntansi pemerintahan.

"Manfaatkan pendidikan dan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga kembali kepada saudara-saudara yang berkaitan dengan masing-masing kerjanya yang sudah memiliki kemampuan dan segera meningkatkan kinerja dan selalu konsisten dalam tata kelola keuangan yang baik dan benar," ucapnya.

Kepala BKD Kota Pasuruan Drs. H. Mokhamad Faqih, M.Si. menambahkan, bahwa maksud penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam melaksanakan tugas-tugas perbendaharaan.

"Tujuan pendidikan dan pelatihan ini supaya bendahara mampu mengelola keuangan untuk keperluan bekerja dalam rangka pelaksanaan APBD yang sudah ditentukan oleh masing-masing peraturan perundangan," tuturnya.

Nantinya, para peserta pendidikan dan pelatihan akan melaksanakan observasi lapangan selama 3 hari di Pemerintah Kota Yogjakarta pada tanggal 3 Desember sampai dengan 5 Desember 2019. (ard/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...