​Ciputra, Orang Terkaya Meninggal Dunia, Inilah Kekayaannya

​Ciputra, Orang Terkaya Meninggal Dunia, Inilah Kekayaannya Ciputra. foto: foto: dok humas ciputra

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Ciputra, Chairman dan founder Ciputra Group meninggal dunia. Taipan property itu meninggal dunia di Singapura pada 27 November 2019 pukul 01.05 waktu setempat.

"Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tgl 27 November 2019 pk 1:05 waktu Singapore. Kami keluarga besar Ciputra Group mengucapkan turut berduka yang mendalam dan mendoakan semoga Keluarga yg ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi kedukaan ini," demikian pesan singkat dari Rina Ciputra Sastrawinata, yang merupakan anak pertama Ciputra, dikutip Kontan.co.id.

Dr. Ir. Ciputra lahir di kecil Parigi, Sulawesi Tengah pada 24 Agustus 1931 dengan nama Tjie Tjin Hoan. Dia anak ketiga dari pasangan Thie Sim Poe dan Lie Eng Nio.

Ia membangun lebih dari 80 proyek di 33 kota Indonesia. Antara lain Citra Raya Tangerang, CitraLand City Losari, Citra Maja Raya, Taman Impian Jaya Ancol, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Ciputra World Surabaya, Ciputra World Jakarta, CitraLand Surabaya, dan sebagainya.

Dalam daftar nama orang terkaya di dunia yang dirilis oleh Forbes, Ciputra menduduki peringkat ke 1.198. Posisinya tersebut turun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya peringkat 1.054. Ciputra menjadi pengembang paling tajir nomor dua di Indonesia dengan total kekayaan mencapai 1,2 miliar dollar AS atau ekuivalen Rp 17,5 triliun.

Namun dalam laporan Forbes, Rabu (2/3/2016), kekayaan Ciputra sempat menyentuh USD 1,5 miliar atau setara Rp 19,93 triliun (kurs Rp13.290 per USD). Bahkan pada 2015, kekayaannya mencapai USD 1,8 miliar. Namun pada 2019 kekayaan Ciputra mengalami penurunan menjadi 1.1 miliar dolar AS setara Rp 15,4 triliun.

Meski peringkat kekayaannya turun, Ciputra tetap menjadi satu-satunya orang Indonesia yang bergelut di bidang properti yang masuk daftar orang terkaya di dunia. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO