​Raih Penghargaan Ormas Long Life Achievement, Anggota Muslimat NU 32 Juta Orang

​Raih Penghargaan Ormas Long Life Achievement, Anggota Muslimat NU 32 Juta Orang Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa saat menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Senin (25/11). foto: istimewa/ bangsaonline.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Nahdlatul Ulama (NU) meraih penghargaan sebagai organisasi masyarakat (Ormas) Long Life Achievement atau Kategori Khusus Bakti Sepanjang Hidup dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian kepada Ketua Umum PP NU, Indar Parawansa di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Senin (25/11).

"Terimakasih untuk apresiasi ini. NU menjadikan Indonesia sebagai rumah besar gerakan perempuan NU sejak awal proklamasi kemerdekaan. Penghargaan ini memotivasi kami untuk berbuat lebih banyak lagi untuk republik ini," ungkap di Jakarta.

mengungkapkan, saat ini jumlah anggota NU diperkirakan sekitar 32.000.000 orang. Jumlah tersebut berasal dari jamaah yang tersebar di 34 pimpinan wilayah (PW), 524 pimpinan cabang (PC), 2.295 pimpinan anak cabang (PAC), dan 26.000 pimpinan ranting (PR).

Jumlah tersebut, lanjut , termasuk jamaah yang tersebar di luar negeri dalam wadah Pimpinan Cabang Istimewa (PCI). Saat ini PCI NU terbentuk di antaranya di Malaysia, Taiwan, Hong Kong, Arab Saudi, Sudan, Belanda, dan Inggris.

"Dalam bergerak, NU bukan hanya berbicara soal kuantitas, tapi juga komitmen untuk berperan aktif membangun negeri melalui layanan pendidikan, sosial keagamaan, kesehatan serta ekonomi. Wujudnya bisa dilihat disektor pendidikan saat ini membina sekitar 9800 TK dan RA, sekitar 16.500 Tamab Pendidikan Al Qur'an, di bidang kesehatan saat ini mengelola 74 Rumah sakit dan klinik , di bidang sosial saat ini mengelola 134 panti asuhan, , dan bidang ekonomi saay ini memiliki induk koperasi An Nisak serta 143 Koperasi Primer An Nisak serta lebih 69 ribu majelis ta'lim. ," imbuhnya.

Menurut , pekerjaan rumah terbesar bagi perempuan Indonesia saat ini adalah memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, mengingat upaya memecah belah bangsa sudah masuk hingga wilayah privat keluarga.

"Peran Ibu jauh lebih besar dari sekadar mengasuh dan membesarkan anak dan juga mengurus keluarga. Ibu punya peran strategis menanamkan rasa cinta tanah air, persatuan dan kesatuan bangsa, serta menghindarkan keluarga dari pengaruh narkotika, radikalisme, terorisme, dan lain sebagainya," ujarnya.

Seperti diketahui, Kementerian Dalam Negeri menggelar acara 'Penganugerahan Penghargaan Ormas Tahun 2019'. Penghargaan tersebut diberikan pada beberapa ormas hingga pemerintah daerah yang dianggap berperan dalam pembinaan ormas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO