Kamis, 02 Juli 2020 16:06

Cerita Amas, Anggota Banser yang Jalan Kaki Ngawi-Surabaya Demi Bertemu Gubernur Khofifah

Minggu, 24 November 2019 00:57 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Cerita Amas, Anggota Banser yang Jalan Kaki Ngawi-Surabaya Demi Bertemu Gubernur Khofifah
Amas Ayudianto sungkem kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang menemuinya di Gedung Negara Grahadi. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Lelah dan penat yang dirasakan Amas Ayudianto seketika lenyap berganti syukur dan suka cita. Anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang berjalan kaki sejauh 180 kilometer dari Jalan Gubernur Suryo, Ngawi hingga Jalan Gubernur Suryo, Surabaya itu akhirnya bertemu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah menemui Amas di Gedung Negara Grahadi pada Jumat (22/11) petang. Pertemuan itu terasa istimewa karena bertepatan dengan ulang tahun Amas yang ke-40 tahun. Orang nomor satu di Jatim itu pun langsung menyiapkan tumpeng dan nasi kebuli begitu mengetahui Amas berulang tahun.

"Alhamdulillah, terbayar sudah lelah saya berjalan kaki Ngawi-Surabaya. Ibu Gubernur, Bu Nyai Khofifah berkenan menemui saya. Bahkan beliau memberi ucapan selamat ulang tahun dan merayakan ulang tahun saya," ujar Amas saat dihubungi via telepon, Sabtu (23/11) malam.

Amas awalnya tak berharap banyak selain bisa menyampaikan langsung amanah dari ibunya yang merupakan anggota Muslimat NU di Kedunggalar, Ngawi. Namun keberuntungan berpihak pada anggota Banser Satkoryon Kedunggalar itu. Selain bertemu panutannya, Khofifah, ia juga bisa merayakan ulang tahun yang selama hidupnya tak pernah dirayakan.

Malam itu, Gedung Negara Grahadi seolah seperti ikut merayakan tasyakuran Amas. Apalagi sejumlah pengurus Pimpinan Wilayah GP Ansor Jatim juga turut menyambut kedatangan Banser yang telah berjalan kaki ratusan kilometer tersebut. Setidaknya ada M. Asrory, Wakil Ketua PW Ansor Jatim dan M. Nur Aminuddin, Dewan Instruktur Ansor Jatim yang juga Komisioner Komisi Informasi (KI) Jawa Timur.

"Ini anugerah yang luar biasa, selain bertemu Ibu Gubernur, saya juga bisa bertemu para pimpinan wilayah GP Ansor dan para sahabat Banser. Mereka ini adalah para panglima saya. Ini pengalaman yang tak terlupakan," imbuhnya.

Amas mengungkapkan selama perjalanan banyak pengalaman menarik yang ia alami. Di antaranya, banyak ibu-ibu yang minta didoakan agar anaknya rajin sekolah dan bisa lulus ujian. Mereka minta doa padanya, karena mempercayai seorang musafir yang sedang menjalankan amanah doanya diijabah Allah.

Ia pun dengan senang hati menuruti permohonan tersebut dengan memanjatkan doa. Prinsipnya, ia yakin selama permohonan itu positif akan dikabulkan Allah. Apalagi selama perjalanan dirinya juga banyak mendapat kemudahan. Mulai MWC NU Taman di Sidoarjo yang merupakan titik akhir persinggahan, para sahabat Banser tak sekadar mengawalnya dengan sepeda motor, banyak di antaranya ikut berjalan kaki bersama. Bahkan ada yang tanpa mengenakan alas kaki.

"Sejak awal saya niatkan perjalanan ini sebagai syi'ar dan dakwah sebagai kader NU. Kalau ada yang minta didoakan, ya saya doakan. Padahal saya bukan kiai, tapi banyak minta didoakan selama perjalanan. Ini membuat saya terharu," tandasnya.

Sementara itu, Khofifah memberi wejangan agar Amas terus berkhidmat sebagai Banser dan menjaga ulama. Ketua Umum Muslimat NU ini juga berpesan agar Amas menjaga dan mengamalkan ajaran Ahlussunah Wal Jamaah yang merupakan akidah warga NU.

"Jangan lupa terus berorganisasi, karena dengan berorganisasi kita bisa bermanfaat. Apalagi organisasi warisan ulama seperti Ansor dan Banser, Insya Allah membawa berkah," pungkas perempuan yang dikenal sebagai santrinya Gus Dur ini. (mdr)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Rabu, 01 Juli 2020 09:19 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan al...