Rumah Milik Mantan Anggota Dewan Hanura Situbondo Terbakar, Kerugian Mencapai Rp 500 Juta Lebih

Rumah Milik Mantan Anggota Dewan Hanura Situbondo Terbakar, Kerugian Mencapai Rp 500 Juta Lebih Rumah korban Purwanto tampak jadi arang usai terbakar hebat.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Rumah milik mantan anggota DPRD Kabupaten Situbondo dari partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Purwanto, alias H. Popong (49), warga Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo ludes dilalap si jago merah, Senin (19/11) pagi.

Tak hanya meludeskan bangunan, insiden itu juga membakar seluruh perabotan rumah tangga. Di antaranya, tiga mobil berbagai merk, empat sepeda motor, dan dokumen kepemilikan tanah. Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian materi mencapai Rp 500 juta lebih.

“Saat kejadian saya sedang tidur. Namun begitu mengetahui ada kobaran api di dalam rumah, saya dan keluarga langsung lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” ujar pemilik rumah, Purwanto, Senin (19/11).

Ia menjelaskan, bahwa dirinya tidak sempat berpikir barang-barang berharga yang ada di dalam rumah, karena berusaha menyelamatkan diri bersama keluarganya. Sehingga, barang berharga seperti dokumen-dokumen kepemilikan tanah yang tersimpan di salah satu lemari tidak sempat diselamatkan.

“Saya kaget langsung lari keluar rumah. Bagaimana tidak kaget mas, begitu bangun tidur saya langsung melihat kobaran api, sehingga saya tidak dapat menyelamatkan seluruh dokumen kepemilikan tanah,” katanya.

Informasi yang dihimpun, kebakaran yang menimpa rumah mantan anggota DPRD Situbondo, Purwanto terjadi sekitar pukul 8 pagi. Saat itu pemilik rumah sedang tidur di dalam rumah. Untung saja pemilik rumah terbangun, dan sesegera mungkin lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Kemudian, Purwanto minta pertololongan warga sekitar. Dengan sigap warga bergotong royong memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya. Berselang beberapa menit kemudian, 3 unit Damkar milik Pemkab Sutubondo tiba di lokasi padat pemukiman penduduk untuk memadamkan api agar tidak merembet ke pemukiman lainnya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono, yang juga datang ke lokasi kejadian mengatakan, pihaknya belum bisa menyimpulkan tentang penyebab kebakaran rumah milik korban Purwanto. Pihaknya masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran itu.

“Kami belum dapat menyimpulkan penyebab kebakaran rumah tersebut, karena petugas masih melakukan penyelidikan. Selain itu, untuk mengetahui kebakaran rumah milik korban, kami mendatangkan tim labfor Polda Jatim,” pungkas Kapolres asal Kabupaten Jember ini. (mur/had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO