Rabu, 27 Mei 2020 07:26

Pemkab Sampang Anggarkan Pembangunan Tower Wifi Desa Rp 72 Juta

Kamis, 07 November 2019 22:36 WIB
Editor: .
Wartawan: Ahmad Bahri
Pemkab Sampang Anggarkan Pembangunan Tower Wifi Desa Rp 72 Juta
Ilustrasi

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang saat ini tengah membangun menara tower wifi yang dianggarkan Rp. 72 juta per unitnya di tiap desa se-Kabupaten Sampang.

Dari total 180 desa se-Kabupaten Sampang, baru 62 desa yang pelaksanaan pembangunan menaranya selesai seratus persen.

"Untuk anggaran pembangunan tower desa tersebut, diambilkan dari Dana Desa (DD) 2019, dengan target akhir tahun 2020, sudah selesai 100 persen, dan bisa dioperasikan," ujar Kepala DPMD H. Abd Malik melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Desa DPMD Kabupaten Sampang, Suhanto.

Dijelaskan Suhanto, tujuan pembangunan tower desa adalah untuk menjadikan desa pintar, mudah komunikasi, dan mengakses informasi, serta mudah menyampaikan laporan ke kabupaten.

Sementara 118 desa untuk 2019 masih menganggarkan 30 persen. Bukan tidak mau menganggarkan dan menyelesaikan tahun ini, akan tetapi memang dilanjutkan pada tahun 2020.

“Tower desa ini manfaatnya sangat besar. Sehingga ketika ada tower desa menjadi pintar, mudah berkomunikasi khususnya dengan pemerintah kabupaten, seperti laporan yang lebih mudah terakses”, ungkapnya.

Rincian anggaran pembangunan tower itu sebesar Rp. 55 juta, dan ditambah pajak serta administrasi Rp.17 juta, sehingga jumlah kebutuhan pembangunan tower itu Rp. 72 juta yang bersumber dari DD.

Suhanto menambahkan, pembangunan tower desa tidak boleh dibangun di tanah pribadi ataupun di lingkungan rumah Kepala Desa.

“Lokasi tower desa diwajibkan dibangun di tanah kas desa atau di tempat umum, dan tidak boleh ditempatkan di kawasan rumah Kepala Desa,” pungkasnya. (hri)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...