​Najwa Shihab di Tebuireng: Dekati Anak Muda Lewat Aplikasi agar Cinta Kitab Kuning

​Najwa Shihab di Tebuireng: Dekati Anak Muda Lewat Aplikasi agar Cinta Kitab Kuning Najwa Shihab saat Talkshow di Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, Jumat (1/11/2019). foto: Tebuireng Online

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Presenter populer mengungkapkan bahwa santri dan masyarakat Indonesia tidak punya pilihan selain mengikuti perubahan. Jika tidak, kata dia, maka akan punah. Menurut dia, jumlah penduduk dunia saat ini diperkirakan 7,5 miliar. Dari total semua itu, 6 miliar punya handphone.

Karena itu, menurut putri Mufassir al-Quran Prof Dr Quraihs Shihab itu, pesantren perlu mendekati anak muda lewat aplikasi dan media sosial yang akrab dengan anak muda saat ini. “Harus kreatif membuat anak muda jatuh cinta pada membaca ,” kata Duta Baca Indonesia itu saat jadi pembicara tunggal pada acara Talkshow di Jombang Jawa Timur, Jumat (1/11/2019) .

Menurut dia, kitab klasik ini akan terus relevans bila dibungkus dengan kreatif. Kebanyakan anak muda modern, kata dia, baru membaca berapa halaman saja sudah pada mengantuk. Anehnya, kata Najwa, chattingan berjam-jam tidak ngantuk. Di sinilah kreativitas menjadi kunci, termasuk dalam masalah membaca.

“Jumlah handphone lebih banyak dari manusia. Lah satu orang punya dua hingga tiga handphone,” kata Najwa.

Najwa menyanggah bahwa pembatasan alat elektronik di pesantren menghalangi seorang santri untuk berkembang. Bagi dia, pesantren cukup menyediakan perpustakaan yang memiliki buku banyak, tempatnya nyaman, dan ada komputernya untuk santri yang ingin mengetik.

“Ada komputer di sini? Nah itu saja sudah cukup. Pembebasan penggunaan handphone malah membuat malas belajar dan baca,” ungkapnya.

Sumber: Tebuireng online

Lihat juga video 'Setahun Tak Ada Kabar, Korban Longsor di Desa Ngetos Nganjuk Tagih Janji Relokasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO